Connect with us

KESEHATAN

Warga Sarimukti Kecamatan Karangnunggal, Deklarasikan Desa ODF.

Published

on

Kabar Karangnunggal – Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) menjadi penanda perubahan perilaku dan komitmen warga desa untuk tidak melakukan pencemaran lingkungan melalui kebiasaan buang air besar sembarangan. Dekalarasi ODF dilakukan Warga Desa Sarimukti, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (30/7/2020).

Acara deklarasi yang digelar di Gor Desa Sarimukti tersebut , selain dihadiri warga, Tampak Dihadiri juga dari dinas DKPP Kepala Seksi Kesling pada Dinas DKPP Sufyan Stauri SKM, Kasi Trantibum Kec. Karangnunggal Dadang Priatna, Danramil 1215/Karangnunggal, Kapolsek Karangnunggal, Kepala Puskesmas Karangnunggal, Kades dan kader Kesehatan serta tokoh masyarakat lainnya.

Kepala Desa Sarimukti Edi, usai acara menjelaskan, Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) merupakan bukti dan penanda perubahan perilaku sekaligus komitmen warga desa Sarimukti tidak akan melakukan pencemaran lingkungan dengan tidak buang air besar sembarangan.berkat kerja keras semua pihak dalam mensosialisasikan kepada warga, kini masyarakat Desa Sarimukti telah memiliki kesadaran dalam kebiasaan hidup bersih dan sehat.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat kami sangat tinggi menjalankan kebiasaan dan pola hidup bersih dan sehat,”jelasnya.

Kepala Seksi Trantibum Dadang Priatna yang mewakili Camat Karangnunggal, dalam sambutannya menyampaikan, deklarasi desa ODF warga Desa Sarimukti menjadi awal penguatan komitmen masyarakat dalam menjaga kualitas lingkungan hidup yang sehat dan bersih.

“Terima kasih kepada seluruh warga Sarimukti yang telah berupaya keras dalam mewujudkan kelestarian lingkungan,”jelasnya.

Sementara Kepala UPTD Puskesmas Karangnunggal Dadan Kusnanto dalam kesempatan ini menjelaskan, Open Defecation Free (ODF) / bebas buang air besar di sembarang tempat merupakan salah satu program Pemerintah di bidang kesehatan melalui Kementerian kesehatan bekerjasaama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Tasikmalaya untuk mendorong kesadaran warganya menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

Dikatakan Dadan, Tujuan dari deklarasi ODF adalah untuk merubah perilaku hidup sehat tanpa buang air besar di sembarang tempat. Masyarakat juga harus ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan dan wilayahnya masing-masing dengan tidak membuang sampah ke sungai dan Buang air besar di sungai. Dengan ini mustahil tanpa adanya dukungan dan keterlibatan masyarakat dan juga Kepala Desa dan Dinas terkait untuk mewujudkan Kecamatan Karangnunggal bebas dari ODF.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Kecamatan Karangnunggal yang telah kompak dan penuh kesadaran dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih,”pungkasnya.***

Advertisement
error: Content is protected !!