Connect with us

SABA DESA

Warga Kampung KB Uyut Madhari Desa Hegarwangi, Ikuti Rembug Dan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah.

Published

on

Kabartasela. Com Bantarkalong – Puluhan perwakilan warga Kp. Malingping Desa Hegarwangi, Kec. Bantarkalong, ikuti Rembug dan sosialisasi pemanfaatan pekarangan rumah dalam mendukung program kampung KB, Jumat (27/11/2020).

Acara rembug dan sosialisasi yang digelar di madrasah Malingping tersebut, para peserta mendapatkan paparan berkenaan pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam sayur mayur yang diberikan narasumber dari BPP Bantarkalong. hadir dalam kesempatan tersebut, Pemdes Hegarwangi, Koordinator UPTD BPP Bantarkalong Suherman SP,Penyuluh Pendamping Hana Rianti Nurfaridah SP, Babinsa Hegarwangi Sertu Agus Sugiarto,TPD Kampung KB Emay Komala dan Ketua Kampung KB “Uyut Madhari” Desa Hegarwangi Husna.

Koordinator UPTD BPP Bantarkalong Suherman SP, dalam paparanya menyampaikan, dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk ditanami beragam tanaman sebagai upaya pencegahan stunting khususnya di Dusun Malingping dengan pemanfaatan pekarangan untuk pemenuhan pangan dan gizi keluarga.nantinya warga dapat memperoleh hasil dan menikmati hasil tanaman tersebut untuk dikonsumsi keluarga sekaligus dapat menjadi komoditas untuk menambah penghasilan keluarga.

Dikatakan Suherman, untuk mewujudkan rencana tersebut pihaknya juga memberikan sarana dan prasarana pendukung berupa polybag, pupuk cair, benih bayam, tomat, cabai rawit, dan pakcoy yang dibagikan kepada warga.

“Dari hasil rempug ini didapati kesepakatan, untuk dibuat demplot di setiap RT sebagai percontohan dan kebun bibit, nantinya masyarakat yang memerlukan dapat mengambil bibit di kebun tersebut untuk ditanam di halaman rumahnya sendiri. Kegiatan dilakukan secara gotong royong, kami dan penyuluh pertanian pendamping akan melakukan pendampingan,”jelasnya.

Babinsa Hegarwangi dari Koramil 1217/Bantarkalong Sertu Agus Sugiarto, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya berharap, masyarakat dapat menerapkan ilmu serta bantuan sarana yang telah diberikan oleh penyuluh pertanian dalam pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanami berbagai jenis sayur mayur dan beragam tanaman lainnya.

Sementara ditemui terpisah Kades Hegarawangi Kec. Bantarkalong, Taufan Firmansyah SE menyampaikan, pihak sangat mengapresiasi digelarnya rembug dan sosialisasi pemanfaatan pekarangan rumah dalam upaya mendukung keberhasilan program KB.

“Dengan menaman sayur mayur dan tanaman lainnya, selain memberi manfaat bagi peningkatan gizi keluarga, kalau hasilnya lebih banyak, warga juga bisa menjualnya untuk menambah pendapatan keluarga,”pungkasnya.(Red)

Advertisement
error: Content is protected !!