Connect with us

SABA DESA

Warga Desa Padawaras Kec. Cipatujah Tetap Jaga Tradisi Bergotong Royong.

Published

on

Cipatujah,Kabartasela.com – Gotong Royong menjadi salah satu tradisi masyarakat diberbagai daerah di nusantara sejak dulu, selain menjadi bentuk dan wujud nyata  kebersamaan dan saling membantu antar sesama masyarakat, ada falsafah khusus yang termakna dalam budaya gotong royong adalah silih asah, silih asih dan silih asuh, di mana saat bergotong royong bukan hanya tenaga yang di keluarkan masyarakat, disana juga ada kepedulian sosial dengan saling berbagi makanan dan minuman serta bercanda gurai sehingga semakin menguatkan komunikasi dan silahturahmi antar warga dalam satu lingkungan.

Gotong royong juga dapat di jadikan pula sebagai simbol dukungan nyata masyarakat kepada pemerintah dan lingkungannya dalam setiap pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan kemajuan daerah maupun lingkungan tempat tinggalnya. Sayangnya seiring perkembangan zaman, budaya bergotong royong saat ini sudah sangat sukar didapati apalagi di kalangan masyarakat perkotaan yang pola hidupnya sudah modern dan terkesan masing- masing.

Namun bagi masyarakat di pedesaan, budaya bergotong royong dalam berkegiatan di segala bidang masih dengan mudah di temui, puluhan bahkan ratusan masyarakat baik kalangan pria maupun perempuan turut bekerja bersama- sama baik dalam membantu tetangga mereka maupun pembengunan sarana dan prasarana umum.

Salah satunya yang masih menjaga tradisi bergotong royong adalah warga Desa Padawaras Kec. Cipatujah. Warga di desa ini selalu kompak bergotong royong dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan umun kemasyarakatan maupun saat dilaksanakannya  pembangunan sarana dan prasana umum seperti pembangunan jalan, pembangunan dan perawatan saluran irigasi, pembangunan tempat ibadah serta fasilitas umum lainnya.

“Alhamdulilah bagi warga desa Padawaras kegiatan bergotong royong masih menjadi tradisi leluhur yang terus dilaksanakan hingga saat ini, mereka dengan penuh kesadaran selalu terlibat dalam kegiatan apapun baik yang dilaksanakan oleh pribadi warga maupun yang dilaksanakan oleh pemerintah,” Ujar Yayan Siswandi SE, Kades Padawaras.

Dikatakan Yayan Siswandi, sejak dirinya kecil hingga saat ini menjabat Kepala Desa Padawaras, kegiatan bergotong royong selalu menjadi agenda wajib warga manakala ada pengerjaan rumah salah satu warga, pembangunan sarana umum, perawatan saluran irigasi serta kegiatan pembangunan dan kegiatan sosial lainnya.

“Kekompakan dan ketaatan warga kami dalam menjaga tradisi bergotong royong, membuat semangat pemdes Padawaras semakin tinggi untuk membangun  desa ini menjadi maju dan sejatera,”pungkasnya.

Pewarta  : Mz-foel
Editor      : Aby

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!