Connect with us

SABA DESA

Warga Desa Nagrog Dan Cikawungading, Ikuti Sarasehan Keserasian Sosial.

Published

on

Kabartasela.Com, CIPATUJAH – Warga Perwakilan dari Forum Keserasian Sosial (FKS) Guna Bakti Desa Nagrog dan Maju Jaya Desa Cikawungading Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya ikuti sarasehan keserasian sosial, Sabtu (21/11/2020). Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan prasasti pada Kedua Desa tersebut dari Kementerian Sosial RI.

Selain perwakilan warga, hadir pula dalam kegiatan yang dilaksanakan di Desa Cikawungading tersebut, Kementerian Sosial RI yang diwakili Direktur PSKBS Dra. Sunarti M.Si, beserta Staffnya Gweni Rahayu, hadur pula perwakilan Dinas sosial Prov Jabar Dra. Enok Komariah,Drs. Achwan Gumilar. Sementara dari Dinas Sosial PMDP3A Kab. Tasikmalaya diwakili Kabid Linjamsos FM dan data Rahmat ZM,S.Pd, beserta Abdul Patah,S.IP, Pendamping K Pelopor Perdamaian Jajang Nugraha,S.Kom,Jembar Adisetya,S.Pd dan Ayatulloh Romdoni ST. Hadir pula Unsur muspika Kec. Cipatujah, Para kades, ketua dan pengurus FKS, dan tamu undangan lainnya

Dalam sambutannya, Direktur PSKBS Kementerian Sosial Republik Indonesia Dra. Sunarti M.Si menyampaikan,Kearifan lokal merupakan suatu gagasan konseptual yang hidup dalam masyarakat, tumbuh dan berkembang secara terus-menerus dalam kesadaran masyarakat, berfungsi dalam mengatur masyarakat dari yang sifatnya berkaitan dengan kehidupan yang sakral sampai yang profan. Mengingat hal tersebut, kegiatan keserasian sosial berbasis masyarakat adalah suatu bentuk kegiatan kesejahteraan sosial baik fisik dan non fisik yang melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan pengawasan agar tercipta kehidupan sosial yang harmonis dan penuh persaudaraan yang dilandasi semangat saling menghargai, saling menghormati antar anggota dan komunitas masyarakat dan tanpa membedakan golongan serta asal usulnya.

“Begitu pentingnya kehidupan keserasian sosial membumi ditengah-tengah masyarakat, agar terwujudnya kerukunan, keselarasan dan semangat kegotong royongan dalam membangun desanya,”tegasnya.

Sementara perwakilan Dinas sosial Provinsi Jawa Barat Dra. Enok Komariah, menyampaikan, program keserasian sosial ini merupakan program dari Kementerian Sosial RI dalam penangan masalah konflik sosial yang bersumber dari anggran APBN, dengan sasaran daerah rawan bencana sosial (potensi konflik tinggi) baik secara individu maupun sosial atau daerah yang pernah mengalami bencana sosial.

Dikatakannya, pihaknya berharap dengan di bentuknya forum keserasian sosial di Desa Nagrog dan Cikawungading, sesuai dengan tujuan awal yaitu sebagai potensi sumber daya di desa yang merupakan pelopor-pelopor perdamaian yang memiliki tugas dan tangungjawab membangun perdamain pada tingkat Kampung.Adapun bentuk bantuan program kegiatan keserasian sosial berupa uang tunai untuk pembangunan fisik sarana irigasi sesuai dengan yang disetujui oleh Kementerian Sosial RI.

“Melalui pembangunan fisik tersebut, mari tingkatkan kerukunan dan keharmonisan dalam lingkungan, mari wujudkan kampung cinta damai sebagai bentuk kepedulian semua masyarakat,”jelasnya.

Kepala Bidang Linjamsos FM dan data Dinas Sosial PMDP3A Kab. Tasikmalaya Rahmat ZM,S.Pd, menambahkan,pihaknya berharap dengan adanya program forum keserasian sosial yang dilaksanakan oleh FKS Guna Bakti Desa Nagrog dan FKS Maju Jaya Desa Cikawungading Kec. Cipatujah, masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan menjadi pelopor kerukunan dikalangan masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada unsur Muspika, Pemdes Nagrog dan Cikawungading, ketua dan pengurus FKS, warga dan seluruh pihak yang telah turut aktif dalam pelaksanaan program Keserasian sosial,”pungkasnya.(Red)

Advertisement
error: Content is protected !!