Connect with us

DAERAH

Warga Ciponyo Mangkubumi Gelar Pemilihan Ketua RW 009 Secara LUBER.

Published

on

KABAR TASIKMALAYA– Pelaksanaan demokrasi pemilihan pemimpin tak hanya dilakukan di tingkat legislatif dan pilkada saja. Di tingkat ke RW-an pun kini masyarakat sudah mulai menerapkan pemilihan langsung dan terbuka.

Seperti halnya pemilihan pimpinan daerah dan juga anggota legislatif, di lingkungan Rw 009 Ciponyo, Kelurahan Cigantang, pemilihan ketua RW pun dilaksanakan secara langsung bak pemilihan umum lainnya, Minggu (20//09/2020).

Meski dilakukan ditengah pandemi covid19, namun pelaksanaan protokol kesehatan tetap dilaksanakan sesuai dengan anjuran pemerintah. Dan kegiatan ini pun dapat dukungan dari pemerintah setempat seperti pihak kelurahan, kecamatan, kepolisian dan juga TNI yang ikut hadir mengawasi jalannya demokrasi ini.

Erik tokoh pemuda Kelurahan Cigantang terkhusus di lingkungan RW 009, mengatakan, Tujuan acara ini selain pemilihan ketua RW, sekaligus jadi sarana pembelajaran demokrasi di tingkat paling bawah khususnya tingkat ke RW an.

“Alasan menggelar pemilihan ketua RW secara langsung dengan mencontoh cara pemilu ini di maksudkan agar masyarakat paham dan sadar akan pentingnya berdemokrasi, serta agar pemimpin yang terpilih bisa mengayomi dan melayani masyarakat di tingkat bawah dengan sebaik baiknya,” terang Erik kepada media.

Menurutnya, biasanya pemilihan ketua RW sebelum sebelumnya hanya dipilih dan dikukuhkan oleh segelintir tokoh masyarakat.
Tapi hari ini diselenggarakan pemilihan langsung dengan harapan pemimpin yang baru bisa meningkatkan kinerja, dan membawa masyarakat RW 009 ke depan menjadi lebih baik lagi dalam segi agama, pendidikan dan mudah mudahan perekonomiannya juga.

“Lebih jauh, pemimpin yang terpilih diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah di atasnya baik ditingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota. dan alhamdulillah respon dan antusiame masyarakat sangat baik,” tambahnya.

Dalam pemilihan tersebut, total daftar pemilih sebanyak 367 orang, adapun yang memberikan hak suara 317, ang tidak memberikan hak suara 50 orang dengan jumlah suara sah 313 dan jumlah suara tidak sah 4.

Adapun Rw terpilih yakni dimenangkan oleh Dewi Hikmah dengan jumlah perolehan suara sebanyak 166 suara sedangkan kandidat lainnya yakni Joni memperoleh 147 suara. ***

Advertisement
error: Content is protected !!