Connect with us

DAERAH

Upaya Percepatan Penanganan Covid 19, Muspika Karangnunggal Gelar Rakor Dengan Stakeholdernya.

Published

on

Kabartasela.com Karangnunggal – Rapat Koordinasi dan evaluasi percepatan penanganan covid 19 tingkat Kec. Karangnunggal di gelar Senin (15/2/2021).selain pembahasan terkait upaya percepatan penanganan covid 19, dalam rakor ini juga dibahas sejumlah persoalan berkaitan program pembangunan,  pemberdayaan masyarakat, kesehatan serta kamtibmas.

Dalam kegiatan rakor yang digelar di gedung serba guna Desa Cikukulu tersebut, tampak hadir Camat Karangnunggal  Asep M Dahliana STP MM,Danramil 1215/Karangnunggal Mayor Inf Kurniadi, Polsek Karangnunggal,Kepala Puskesmas Dadan Kusnanto, A.MKL,Kepala KUA Drs. Ana Suryana, Para Babinkamtibmas Polsek Karangnunggal, Para Babinsa Koramil Karangnunggal, Kepala Desa,Ketua BPD, Ketua MUI Desa dan Pendamping Desa.

Camat Karangnunggal Asep M Dahliana STP MM dalam kesempatan tersebut menyampaikan,  Desa aman covid yaitu Desa harus melaksanakan BLT atas dasar Musdes dan di buktikan dengan melampirkan Berita Acara , Perioritas Dana Desa di gunakan untuk pemulihan ekonomi desa, Pemulihan ekonomi nasional dan pelaksanaan Adaptasi kebiasaan baru.

Dikatakan camat, Program yg mendapat perhatikan yaitu pembentukan dan rehabilatasi Bumdes, Listrik desa dan Ekonomi Produktif desa selain itu pelaksanaaan Dana Desa harus Sewa kelola berdasarkan Sumberdaya Lokal tdk ada yg diborongkan , jangan sampai ada dana talang , tidak boleh dobel anggaran
Harus berdasarkan Musyawarah Desa harus dan ada Berita acaranya juga.

“Masalah percepatan penanganan Covid 19  setiap Desa harus ada Posko Penanganan Covid dan dibuatkan Job Discription dan Fungsi-Fungsinya seperti pungsi pencegahan , Tracing ( pelacakan ), testing , Tretment dan Isolasi, setiap desa juga harus mempersiapkan Team pemulasaraan jenazah Covid19 minimal 5 orang  nanti APD nya dipersiapkan,”tegasnya.

Kepala Puskesmas Karangnunggal Dadan Kusnanto menyampaikan, pihaknya sangat berharap adanya kerja sama semua pihak dalam Penanggulangan Covid 19 di wilayah Kec. Karangnunggal, sementara terkait upaya penangannya yang telah dilakukan oleh semua pihak adalah, OTG dirawat dirumah masing- masing atau ruang isolasi yg disiapkan oleh Desa, pemdes juga harus mempersiapkan adalah tata laksana  penguburan Covid minimal 5 APD, Ibu hamil yang beresiko wajib isolasi diri minimal 14 hari sebelum hari kelahiran diawasi secara ketat oleh bidan desa.

“Penanggulangan kegawat daruratan bagi warga Karangnunggal silahkan secepatnya kordinasi ke Puskesmas Karangnunggal,” jelasnya.

Sementara Danramil 1215/Karangnunggal Mayor Inf Kurniadi menyampaikan, Rapat kordinasi hanya ikhtiar bersama dengan mendasarinya Intruksi Presiden terkait penanganan covid 19, karena dalam perkembangannya jumlah terkonfirmasi  Covid terus bertambah, jadi bagi siapapun jangan takut dan malu terkonfirmasi Covid namun jangan juga terlalu berani, menyikapi kasus Covid di Karangnunggal dan yg agak sulit menyikapi khilapiah atau perbedaan pandangan terhadap kasus covid ini. virus corona tidak membeda-bedakan yg akan terkenanya, semua bisa kena, jadi yang harus dilakukan adalah disiplin laksanakan prokes
“Kami berharap para kades,.perangkat desa, lembaga dan tokoh masyarakat untuk membantu Babinsa , Babinkamtibmas¬† dalam penanganan Covid , sementara tiap Desa sudah dibuatkan posko.,”pungkasnya. ( Mz)


Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!