Connect with us

KESEHATAN

Tips Menjaga Sistem Imun Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19.

Published

on

Oleh : dr Hj Dewi Ligiarti.
(Dokter Puskesmas Karangnunggal)

Daya tahan tubuh atau sistem immun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama dimasa mewabahnya virus corona Covid 19 seperti sekarang.
berikut adalaha cara menjaga immun tubuh dari virus corona yang dapat anda lakukan :

1.Cukup tidur.

Tidur memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem immun. tidur yang cukup salah satu cara agar regulasi sistem immun tetap terjaga, sebaliknya kurang tidur tidak akan memiliki sistem immun.
untuk memiliki kebutuhan tidur anda Nasinal Sleep Furmdatin menyebutkan orang dewasa perlu mencukupkan tidur minimal +/- 9 jam dalam satu hari.

2. Konsumsi makanan.

Sehat Sistem immun yang sehat jangan akan memerlukan nutrisi dari makanan bernutrisi.
ada banyak nutrisi yang penting untuk tubuh, mulai dari Vitamin, mineral, hingga molekul anti oksidan. mudahnya, buatlah meja makan anda berwarna dengan buah dan sayuran, seperti alpukat, buah – buahan beri, wortel, tomat, hingga jeruk yang mudah dicari.

dr Hj Dewi Ligiarti, Dokter Puskesmas Karangnunggal

3. Konsumsi Multivitamin.

Konsumsi multivitamin mungkin diperlukan jika anda merasa tidak sanggup mendapatkan nutrisi dari makan sehat, mengkonsumsi multi vitamin jangan bisa memperkuat daya tahan tubuh, pastikan berkonsultasi dengan Dokter sebelum mengkonsumsi suplemen tertentu, untuk menghindari resiko efek sampingnya.

4. Olahraga dirumah.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa latihan yang cukup ( tidak berlebih ) membantu proses regenerasi sel immun, serta mengurangi peradangan ditubuh. untuk menjaga sistem immun, latihan fisik tidak perlu berlebih dan hanya disesuaikan dengan kemampuan diri.

5. Kendalikan strees.

Strees jangka panjang dapat memicu ketidakseimbangan fungsi sel immun, serta memancing peradangan. ada banyak cara mengendalikan strees, seperti melakukan meditasi, berolahraga ringan dan menjalankan aktivitas yang positif selama dirumah.

6. Berhenti Merokok.

Rokok tidak ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh. rokok dikaitkan dengan penyakit paru, kanker paru dan penyakit jantung koroner, Dalam kaitannya dengan sistem immun, rokok dapat mengganggu. berbagi sel immun seperti sel CD (+), sel T Helper, sel leukosit B dan sel limpost T memori, merokok dapat meningkatkan resiko komplikasi Covid-19.

7. Alokasikan waktu berjemur dibawah sinar matahari.

Sinar matahari disebutkan dapat memberi energi salah satu sel immun, yakni sel -T, berjemur sebentar pun bisa membantu mood anda lebih baik, pagi hari sebelum jam 10 selama 15 menit menjadi waktu yang berpotensi paling baik untuk berjemur dibawah sinar matahari.

8.Jauhi lemak jahat.

Lemak sehat disebutkan membantu meningkatkan respon immun tubuh, dengan mengurangi pandangan. pandangan kronis dapat melemahkan sistem immun, ada banyak sumber lemak sehat yang bisa dikonsumsi, mulai dari minyak zaitun, ikan berlemak seperti salmon, hingga buah alpukat.

Semoga sejumlah tips tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua ditengah pandemi covid-19. (**)

Advertisement
error: Content is protected !!