Connect with us

KESEHATAN

Tips Menjaga Kebugaran Bagi Lansia Di Masa Pandemi Corona

Published

on

Oleh: dr Anggri Septianto.
( Dokter Puskesmas Bojongasih )

Dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini, Lansia menjadi golongan yang paling rentan terpapar coronavirus Disease (Covid-19) karena kondisi fisik tubuh mereka yang cenderung lemah.

Untuk mencegah dan mengantisipasi resiko terpapar, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan masyarakat pada golongan lanjut usia agar tak mudah terpapar virus tersebut.

1.Pastikan diri kondisi dalam kondisi sehat.
Warga lansia ditekankan selalu rutin melakukan medical check up kesehatan mereka terutama kondisi jantung, kolesterol, gula darah dan lainnya, dalam situasi ini lansia juga harus memahami elemen untuk menjaga kondisi tubuh bagi lansia yaitu Kekuatan, kelenturan dan kebugaran.

2. Selalu menjaga kebersihan, pola makan serta rajin mencuci tangan.

Pola kedisiplinan menjaga kebersihan baik lingkungan tempat tinggal serta badannya dengan selalu mandi 2 kali sehari disaat pagi dan sore hari, dan jangan lupa selalu rutin mencuci tangan, sementara untuk pola makan sehat harus memperhatikan unsur 4 sehat 5 sempurna sekaligus mengukur takaran asupan makanan tersebut.

dr Anggri Septianto, Dokter Puskesmas Bojongasih

3. Melakukan kegiatan yang menyenangkan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Selalu rutin melakukan kegiatan yang menyenangkan dengan selalu berpikiran santai dan rileks seperti beraktifitas di taman dan tempat yang nyaman lainnya.

4. Selalu melakukan aktif fisik dengan tidak berlebihan.

Aktif fisik diperlukan oleh lansia namun tidak harus bergerak fisik secara berberlebihan, dengan rutin aktif bergerak akan dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh sehingga akan memicu kesehatan dalam tubuh, gerak akfif tanpa berlebihan bisa dilakukan dengan berolahrag ringan dilingkungan rumah,jalan santai serta gerak fisik lainnya, selain itu yang penting diperhatikan adalah selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan lingkungan yang menjadi tempat beraktifitas lansia.

5. Pola istarahat yang cukup.

Tetap menjaga kecukupan istirahat dengan tidur malam hari selama minimal 9 jam , istirahat siang juga harus cukup untuk membantu kualitas daya tahan tubuh lansia. Dengan tips ini di harapkan dapat meningkatkan kesadaran warga lansia untuk tetap menjaga kualitas tubuh ditengah pandemi corona. (**)

Advertisement
error: Content is protected !!