Connect with us

SABA DESA

Tingkatkan Kapasitas Petani, Pemdes Mekarlaksana Gelar Pelatihan dan Pemberdayaan Petani.

Published

on

Culamega,Kabartasela.com – Pelatihan dan pemberdayaan petani dilaksanakan Pemerintah Mekarlaksana Kec. Culamega Kab. Tasikmalaya, Senin (27/12/2021).

Kegiatan yang diperuntukan bagi petani dari kelompok tani dan Kelompok perempuan petani  se-Desa Mekarlaksana dilaksanakan di Gedung serba guna Desa Mekarlaksana. Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Culamega Dedi Mulyana S.Ip MSi,Kades Mekarlaksana Beben, koordinator dan penyuluh pertanian dari BPP Culamega serta Tamu undangan lainnya.

Kades Mekarlaksana, Beben dalam kesempatan tersebut menjelaskan, pelatihan dan pemberdayaan petani tersebut diselenggarakan dalam rangka penguatan kapasitas bagi petani dalam teknis pengelolaan tanah,perawatan dan pemasaran termasuk dalam teknis pemasaran berbasis online.

Dijelaskan Kades, peserta dalam kegiatan ini sebanyak 105 orang yang berasal dari anggota poktan dan KWT Yang ada di wilayah desa mekarlaksana, kegiatan ini di biayai oleh anggaran dana desa TA 2021. Sementara untuk memberikan pelatihan dan pemberdayaan pihaknya bekerja sama dengan pihak BPP culamega sebagai narasumbernya.

“Kami berharap dengan pelatihan ini, para petani dapat menyerap ilmu dan pengalaman terkait teknis dan tata cara bercocok tanam dan pemasaran pertanian Modern,”harapnya.

Sementara Camat Culamega, Dedi Mulyana SIp MSi ditempat yang sama menyampaikan mengapresiasi kebijakan dan inovasi pihak pemdes Mekarlaksana dengan menyelenggarakan pelatihan bagi petani, dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kemajuan petani dan mendorong meningkatkan hasil pertanian sebagai salah satu komoditas unggulan masyarakat desa Mekarlaksana.

“Dengan pelatihan dan pemberdayaan petani ini diharapkan memberi dampak positif bagi kemajuan pertanian di desa mekarlaksana ini dengan penguatan kapasitas dan pengetahuan petani,”pungkasnya. ( Mz)

Advertisement
error: Content is protected !!