Connect with us

SABA DESA

Tingkatkan Kapasitas Pemuda, Pemdes Setiawaras Adakan Pelatihan Bagi Karang Taruna.

Published

on

Cibalong,Kabartasela.com– Peningkatan kapasitas perempuan dan pemuda di pertambangan rakyat menjadi tema dalam kegiatan Pelatihan Karang taruna Desa Setiawaras, pelatihan kepemudaan ini dilaksanakan Pemdes Setiawaras Kec. Cibalong bekerja sama dengan Extractives Global Programmatic Support 2 (EGPS 2) .

Manager program Dian Istanto, menjelaskan langkah pelatihan pembuatan batako ini bertujuan untuk pemanfaatan limbah pertambangan rakyat terutama mangan yang ada  di Kp. Cihideung Desa Setiwaras, sekaligus memaksimalkan dan menjadi nilai tambah bagi masyarakat sekitar tambang terutama kalangan pemuda.

Dijelaskannya,EPGS di implementasikan oleh organisasi non profit Women in Mining & Energy (WiME) Indonesia dan pemerintahan desa Setiawaras kecamatan cibalong kabupaten tasikmalaya untuk perempuan dan pemuda komunitas pertambangan mangan.

Program ini bertujuan untuk membantu negara berkembang yang bergantung pada sumber daya minyak,gas dan pertambangan dalam rangka mendukung pengurangan kemiskinan dan mendorong pertumbuhan pembangunan masyarakat sekitar secara inklusif dan berkelanjutan.

“Pelatihan pembuatan batako bagi Karang Taruna Generasi Mandiri kampung Cihideung Desa Setiawaras dari 20 -24 desember 2021,  merupakan rangkaian Pelatihan Kepemimpinan,Kewirausahaan, dan Pelatihan Literasi Keuangan untuk perempuan dan pemuda.”jelasnya.

Kepala Desa Setiawaras, Asep Gusnawan, menyampaikan pihak mengapresiasi dan berterima kasih   kepada EGPS dan beberapa organisasi lainnya yang telah melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan semoga bermanfaat terlebih bagi perbaikan ekonomi di pasca pandemi covid 19.

“Program ini dinilai sejalan dan bersinergi dengan program pemerintah mengenai perbaikan ekonomi masyarakat pasca Covid-19 yang sekarang sangat digenjot terutama bagi warganya,”Pungkasnya. ( Ihsan)

Advertisement
error: Content is protected !!