Connect with us

PERISTIWA

Tiga Rumah Tertimbun Longsor Dan Jalan Desa Terputus 200 Meter.

Published

on

Pewarta  : Iwa

Cigalontang.Kabartasela.com -. Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya,  sepanjang senin (3/10/22) sampai selasa dini hari (4/10/22) sebabkan bencana tanah longsor. Sedikitnya tiga rumah di Kampung Kanang tiga dan Kampung Ciguntur rusak tertimbun longsor.

Selain bagian dinding ambrol, material tanah juga masuk kedalam rumah. Beruntung, penghuni rumah lolos dari maut.

“Betul ada longsor di Desa Parentas, tiga rumah tertimbun longsor. Kalau soal korban jiwa kami belum menerima laporan,” kata Jembar Adi Setia, Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya selasa siang (4/10/22).

Pemerintah Kecamatan Cigalontang bersama anggota polisi berusaha menuju lokasi. Namun mereka terhalang longsor di tiga titik jalan.

“Kami mau kelokasi longsor ternyata banyak juga jalan longsor. Malahan dari arah perbatasan Garut menuju Parentas Kabupaten Tasikmalaya tertutup longsor. Jadi Parentas dikepung longsor,” kata Zalkaf, Camat Cigalontang di hubungi detikjabar selasa (4/10/22).

Selain menimbun tiga rumah, longsor tebing setinggi belasan meter menutup jalan Parentas. Panjang longsoran mencapai 200 meter dengan kedalaman longsoran 50 centimeter sampai setengah meter. Dipastikan ribuan warga Desa Parentas terisolir akses pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosialnya hingga selasa siang.

“Betul akses mengarah dari tasik ke parentas belum bisa terlewati masih dikerjakan BPBD, TNI dan Polri untuk evakuasi material longoran yang menutup jalan. Tebingnya 10 meter longsor tutup jalan sepanjang 200 meter,” kata Iptu Dian, Kapolsek Cigalontang dihubungi selasa (4/10/22).

Untuk akses jalan yang tertimbun ada tiga titik, saat ini tim BPBD, TNI dan Polri tengah melakukan evakuasi material longsoran. Minimal akses jalan itu bisa dilalui oleh kendaraan roda dua untuk memudahkan transportasi.( Iwa )

Advertisement
error: Content is protected !!