Connect with us

RAGAM

Tiga Anggota Pelopor Perdamaian Kab. Tasikmalaya, Wakili Jabar Ikuti Pordam Tingkat Nasional.

Published

on

Kabartasela.com| Lampung – Launching dan Pengukuhan Tenaga Pelopor Perdamaian Nasional dilaksanakan Kementerian Sosial RI di Taman Keaneka ragaman hayati Kab. Mesuji, Provinsi Lampung  30 November sampai 2 Desember 2020.

Launching dan pengukuhan pelopor perdamaian (PORDAM) yang yang merupakan binaan dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kemensos RI, dihadiri oleh peserta dari  14 Provinsi se-Indonesia.

Dalam kegiatan tingkat nasional ini, Tiga anggota Pordam  dari Kab. Tasik menjadi wakil provinsi Jawa Barat, ketiganya adalah, Jembar Adisetya, Ayatulloh Romdoni dan Jajang Nugraha. Prosesi pelepasan kontingen kab. Tasikmalaya yang akan bergabung  dengan kontingen lainnya  dengan pendampingan  Kabid Linjamsos Provinsi Jawa Barat, Dra. Enok Komariah M.Si, langsung dilepas oleh Kepala Dinas PMDP3A Drs Roni Sahroni MM.

Jajang Nugraha S.Kom, salah seorang anggota kontingen Pordam Kab. Tasikmalaya, Rabu (2/12/2020), menjelaskan, dalam kegiatan  pengukuhan pelopor perdamaian yang dilakukan Kemensos RI yaitu lokakarya, perancangan visi dan misi PORDAM, jamuan makan malam bersama Pemerintah Kab. Mesuji, peletakan batu pertama pembangunan Tugu Pelopor Perdamaian, serta launching dan pengukuhan PORDAM tingkat Nasional.

Dikatakannya, Pelopor perdamaian sengaja  dibentuk untuk  langkah deteksi dini terjadinya bencana sosial masyarakat, agar tak terjadi  konflik  sekaligus memberikan layanan dukungan psikososial di lokasi bencana. Sementara untuk anggota Pordam sendiri merupakan relawan masyarakat yang punya kepedulian persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengedepankan kearifan lokal dalam pelaksanaan tugasnya.

“Dalam kegiatan tersebut, kami mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman untuk kemudian diimplementasikan di daerah, kami juga berharap segera ada pembentukan Pordam di Kab. Tasikmalaya,”jelasnya. (Red)

Advertisement
error: Content is protected !!