Connect with us

PERISTIWA

Terdampak Pergeseran Tanah, Bangunan Sekolah dan sejumlah Rumah Warga Rusak, puluhan Warga Kp. Babakan Jeruk Diungsikan.

Published

on

Kabartasela.com Cibalong–  Bangunan sekolah SDN Babakan Jeruk, 7 rumah warga serta jalan alami kerusakan parah, karena dampak pergeseran tanah di Kp. Babakan jeruk Rt 03/02 Desa Singajaya Kec. Cibalong Kab. Tasikmalaya. pergeseran tanah dilokasi tersebut terjadi pertama kalinya pada Rabu 3 Februari 2021.

Hingga selasa (9/2/2021), dampak pergeseran tanah di lokasi tersebut semakin parah, dari informasi yang diperoleh, selain bangunan ruang kelas pada SDN Babakan jeruk yang ambruk, kerusakan juga terjadi pada jalan yang alami keretakan  sepanjang 150 meter akibat terangkat oleh dorongan tanah yang bergerak, sedangkan gorong gorong yang ambruk dalam 3 meter lebar 8 meter, 7 rumah milik warga  yang berada dilokasi tersebut juga alami kerusakan dan terancam amblas.

Kepala Seksi Trantibum Kec. Cibalong Ir Yadi Rustiadi kepada Kabartasela.com menjelaskan, saat ini pihak muspika, TNI/Polri, Pemdes Singajaya, BPBD dan dinas terkait dibantu warga setempat telah melakukan sejumlah langkah penanangan, semisal mengevakuasi barang dan peralatan belajar yang berada di SDN Babakan jeruk ke gedung milik salah seorang warga, mengungsikan 30 jiwa yang menghuni 7 rumah beserta barang- barang miliknya ke rumah saudara dan tetangga yang berada di tempat yang lebih aman.

Dijelaskan Yadi, selain melakukan langkah evakuasi, pihaknya bersama stakeholder lainnya juga melakukan pengamanan lokasi dan penutupan jalan di lokasi agar tak ada kendaraan yang melintas karena sangat berbahaya, pendistribusian bantuan tanggap darurat bencana dari BPBD, Dinsos dan sumbangan masyarakat bagi warga terdampak juga telah dilakukan.sementara sampai saat ini sejumlah instansi terkait seperti BPBD, Dinsos, Dinas PUPR, TNI/Polri dan Dinas pendidikan telah turun ke lokasi bencana.

“Dari taksiran awal yang dikumpulkan tim, kerugian akibat bencana pergeseran tanah tersebut mencapai Rp 1.3 Milyar, selanjutnya kami menghimbau kepada warga agar selalu waspada dan menghindari beraktifitas di area pergeseran tanah tersebut,”jelasnya. (Mz/Ihsan)

Advertisement
error: Content is protected !!