Connect with us

SABA DESA

Targetkan Menjadi Desa Wisata, Pemdes Mekarlaksana Fokus Lakukan Penataan dan Pengembangan Potensi Alam dan Seni Budaya Lokal.

Published

on

Culamega,Kabartasela.com – Pemanfaatan, pengembangan dan penataan  sejumlah potensi sumber daya  alam serta budaya tradisional lokal menjadi salah satu target Pemdes Mekarlaksana, Kec. Culamega, Kab. Tasikmalaya untuk mewujudkan target mereka menjadi desa wisata.

Keseriusan Pemdes bersama warga Desa Mekarlaksana untuk mewujudkan desa wisata terlihat saat dilaksanakan assesmen sejumlah titik lokasi wisata dan pengembangan budaya lokal oleh Dinas Pariwisata Kab. Tasikmalaya pada Senin ( 27/6/2022).

Dari hasil Assesmen tersebut ada sejumlah lokasi yang telah mendapatkan persetujuan bersama untuk dikembangkan menjadi pusat wisata yaitu Makam Syekh Ali Akbar dan Eyang Bodas yang akan dimaksimalkan menjadi tujuan wisata khas religi, sementara area Curug Seeng akan dikelola menjadi area wisata alam yang edukatif dan petualangan serta sejumlah potensi alam lainnya yang juga akan dikembagkan menjadi pusat wisata.
Sementara untuk Wisata seni dan budaya seni sunda karya mekar akan dijadikan wisata dan edukasi pengembangan budaya dan kearifan lokal.

Kepala Desa Mekarlaksana Beben, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya menyampaikam terima kasih kepada Dinas Pariwisata, genpari dan seluruh pihak serta masyarakat Desa Mekarlaksana yang telah terlibat kegiatan ini, harapannya dengan adanya assesment semakin meningkatkan kepercayaan dan kekompakan semua pihak guna mewujudkan Mekarlaksana menjadi desa Wisata seiring pemanfaatan potensi wisata yang ada.

Dijelaskan Kades Beben, hasil dari assesmen dari Dinas Pariwisata ini nantinya akan menjadi bekal mengambil kebijakan dalam penataan dan pengembangan,pengelolaan dan penataan potensi SDA dan budaya  dan seni tradisioanal untuk mendukung pengembangan desa wisata.

“Kami berharap dukunga dan peran aktif seluruh masyarakat atas rencana pengembangan sejumlah potensi alam dan budaya dan seni lokal untuk di maksimalkan menjadi penunjang desa wisata dengan tujuan utamanya adalah peningkatan kemajuan dan kesejateraan masyarakat Desa Mekarlaksana,”jelasnya.

Pewarta  : Mz-foel
Editor       : Aby

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!