Connect with us

PARIWISATA

Situ Denuh Cikuya, Tempat Favorit Ngabuburit Pecinta Mancing Saat Bulan Puasa

Published

on

Kelestarian alam situ Denuh, Desa Cikuya Kec. Culamega, Kab. Tasikmalaya dijadikan warga dan penghobi mancing sebagai tempat favorit ngabuburit

Kabar Culamega – Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, Situ Denuh di Desa Cikuya, Kec. Culamega, Kab. Tasikmalaya juga menjadi salah satu tempat favorit para penghobi memancing dari sejumlah daerah, di saat bulan puasa seperti saat ini, puluhan warga dan pemancing tampak menempati lapak/tempat favorit mereka memasing kail untuk mengadu keburuntunga mendapatkan ikan air tawar yang melimpah di situ Denuh.

Erik Permana, salah seorang pemancing mengakui, dirinya bersama puluhan anggota komunitas memancing situ Denuh selalu mengagendakan mancing bareng pada setiap hari libur, bahkan saat bulan puasa, aktifitas memancing semakin sering dilakukannya terutama sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Saat di tanya mengenai hasil ikan yang berhasil didapat, Erik beserta teman-temannya mengakui, pada setiap mancing banyak ikan air tawar berukuran lumayan besar seperti nila, emas, gurame dan sebaginya yang berhasil mereka angkat untuk lauk pauk berbuka puasa.

“Selain menikmati keindahan alam, ngabuburit dengan memancing di situ Denuh juga mampu menghilangkan kepenatan sekaligus menyalurkan hobi, soal hasil tak kami persoalkan,”ujarnya.

Sementara Iman Firmansyah dan Ucu Ganjar nugraha, warga setempat, membenarkan, pada setiap harinya banyak warga yang datang ke Situ Denuh untuk memancing maupun untuk sekedar menikmati keindahan alam situ denuh yang dikeliling perbukutan dan hutan yang masih terjaga kelestariannya.

“Ketaatan warga dalam menjaga kelestarian alam berhasil menjaga kualitas alam situ denuh, bahkan untuk mengambil ikan di dalam situ kita tetap mematuhi aturan adat yang berlaku turun termurun agar habitat ikan tetap terjaga,” pungkas mereka. (red)

Advertisement
error: Content is protected !!