Connect with us

SABA DESA

Selamatkan Generasi Bangsa, Pemdes Cintawangi Fokus Rancang Perdes Kawasan Tanpa Merokok.

Published

on

KARANGNUNGGAL, Kabartasela.com – Upaya nyata untuk menyelamatkan generasi bangsa dari kebiasaan merokok sejak dini dilakukan Pemdes Cintawangi, Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya dengan berencana mengeluarkan peraturan desa tentang kawasan tanpa merokok di tempat umum, kantor, tempat ibadah dan sekolah.

Kepala Desa Cintawangi Tohir E Sumarlin ditemui Selasa, (29/6/2021) menjelaskan, Perdes Larangan merokok saat ini tengah digodok dan kaji secara serius oleh pemdes dan lembaga Desa Cintawangi.

Tujuan Perdes kawasan tanpa rokok tersebut, selain upaya menyelamatkan generasi bangsa dengan memberikan pembatasan ruang merokok bagi perokok pemula/remaja warga Desa Cintawangi juga sebagai alat penegakan disiplin warga agar tak merokok diarea atau ruang dan fasilitas umum demi menjaga kesehatan dan kualitas udara dilingkungan tempat umum, kantor,tempat ibadah dan lingkungan sekolah dari asap rokok.

“Perdes ini merupakan salah satu ikhtiar kami untuk mencegah banyaknya perokok pemula hingga mendisiplinkan warga untuk kebiasaan  hidup sehat tanpa rokok,”jelasnya.

Ditambahkan Kades, selain sebagai upaya mengajak hidup sehat tanpa rokok kepada seluruh warganya dari berbagai kalangan, Peraturan desa ini juga sebagai upaya mendidik masyarakat dalam pengelolaan ekonomi keluarga dalam pengeluaran dari penghasilan yang diperoleh untuk hal- hal yang bermanfaat ketimbang untuk membeli rokok, padahal harga rokok mahal, sementara banyak kebutuhan keluarga lainnya lebih penting.

“Kami berharap perdes ini menjadi acuan edukasi kepada masyarakat terkait budaya hidup sehat tanpa rokok serta pengelolaan keuangan kelurga yang baik dan berimbang, intinya lebih ke arah edukasi hemat pangkal kaya bagi warga,”pungkasnya.(Mz)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!