Connect with us

SABA DESA

Saresehan FKS Maju Jaya Desa Cikawungading, Dihadiri Ratusan Warga.

Published

on

Kabar Cipatujah – Ratusan warga Desa Cikawungading Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya antusias hadiri sarasehan keserasian sosial yang dilaksanakan forum keserasian sosial (FKS) Maju Jaya di Kp. Jengkol Kedusunan Sukasari, Minggu (30/8/2020).

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan covid 19 seperti menggunakan masker dan jaga jarak, masyarakat fokus mendengarkan paparan dari 8 orang narasumber dalam sarasehan tersebut, hadir sekaligus menjadi narasumber dalam acara tersebut, perwakilan dari Dinas Sosial Propinsi Jawa barat, Dinsos PMDP3A kab. Tasikmalaya, Muspika, pendamping program Jajang Nugraha S.kom, Kades dan pengurus FKS.

Dalam paparannya, Drs. Ahwan Gumilar MM, Perwakilan Dinsos Propinsi Jawa Barat Menjelaskan, Program Keserasian Sosial merupakan salah satu program Kementerian Sosial RI dalam penanganan masalah konflik sosial. Tujuan dari program tersebut adalah untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dilandasi oleh nilai dasar kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan menghormati, sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembangkan serta memelihara kembali kehidupan bersama di antara anggota masyarakat. Bentuk kegiatan keserasian sosial berupa kegiatan fisik maupun non fisik dengan melibatkan unsur masyarakat.

“Selain keterlibatan seluruh stakeholder, keterlibatan secara aktif masyarakat juga sangat dibutuhkan agar keberhasilan program keserasian sosial ini dapat terealisasi dengan baik,”ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Linjamso dan FM Pada Dinsos PMDP3A Kab. Tasikmalaya, Rahmat ZM ,S.Pd di dampingi pendamping program Jajang Nugraha,S.Kom. menjelaskan, selain membantu agar masyarakat terhindar dari masalah. Program keserasian sosial bertujuan untuk menyatukan masyarakat, membantu masyarakat untuk bergotong royong dalam membangun kebersamaan masyarakat. Ini sangat penting,

“Program Ini merupakan upaya bagaimana menyelaraskan Dan mewujudkan kerukunan masyarakat dalam rangka memudahkan pelaksanaan program pembangunan,” ungkapnya.

Sementara Camat Cipatujah, Darya S.Ip menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur di wilayahnya saat ini ada dua desa yang tengah melaksanaan program Keserasian sosial dari Kemensos RI yaitu Desa Nagrog dan Cikawungading. harapannya, dengan adanya program tersebut dapat menciptakan kerukunan, merawat budaya gotong royong hingga penguatan silahturahmi dan kekeluargaan antar masyarakat.

Kades Cikawungading Mustarom beserta ketua forum keserasian sosial maju jaya Darjo, menyampaikan. Terima kasih atas kepercayaan Kemensos RI, Dinsos Provinsi Jawa Barat dan Dinsos PMDP3A Kab. Tasikmalaya yang telah memberikan kepercayaan untuk melaksanakan program keserasian sosial.

“Alhamdulillah, dengan adanya program ini masyarakat yang berada di wilayah Cikawungading bisa aman nyaman damai dan sejahtera, dan apa yg di kerjakan sekarang melalui semangat yang tinggi mudahan bisa terealisasi tanpa ada hambatan,” Pungkas Kades.***

Advertisement
error: Content is protected !!