Connect with us

DAERAH

Puskeswan Gelar Vaksinasi PMK di Kecamatan Cibalong.

Published

on

Pewarta   : Ihsan

Cibalong,Kabartasela.com -Masih merebaknya virus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang ada di wilayah kabupaten tasikmalaya menimbulkan ke khawatiran bagi masyarakat khususnya para peternak dan sejalan dengan instruksi dari pemerintah pusat untuk membantu mencegah penyebaran penyakit PMK maka Pusat Kesehatan Hewan  Kabupaten Tasikmalaya terus mengupayakan semaksimal mungkin untuk pencegahan PMK di Kabupaten Tasikmalaya yang salah satunya dengan melakukan vaksinasi pada ternak.

Kali ini Puskeswan,Balai Penyuluh Pertanian dan Peternakan bersama Muspika Cibalong melaksanakan vaksinasi di Desa Cibalong sebanyak 72 ekor sapi dengan sasaran utama ternak sapi betina sesuai dengan data ajuan dari pihak Pemdes Cibalong, Selasa (23/08/2022).

Apep Saeful Rahmat, Kepala  UPT Pusat kesehatan hewan Kabupaten Tasikmalaya menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan putaran kedua dengan target 5000 dosis dari populasi sekitar 52.700 ternak sapi yang tersebar diwilayah kabupaten tasikmalaya dimana 80 % populasi berada diwilayah tasikmalaya selatan.

“Dari pertimbangan banyaknya hewan ternak yang sehat mengantri vaksin disertai dengan keterbatasan tenaga ahli maka petugas Puskeswan lebih mengutamakan kepada sapi betina karena sapi betina yang produktif untuk pembibitan dan sapi yang pernah terjangkit dan sudah sembuh dari PMK tidak dilakukan vaksinasi karena dianggap sudah memiliki kekebalan”pungkas Apep.

Dengan pelaksanaan SOP vaksinasi yang ketat diharapkan benar benar ternak sapi yang divaksin dalam keadaan sehat sehingga menghasilkan kekebalan dan pencegahan dari penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak. (Ihsan)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!