Connect with us

RAGAM

Puskesmas Culamega Selenggarakan Kelas Catin.

Published

on

Kabar Culamega – Puskesmas bersama Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Culamega mengadakan pembinaan bagi puluhan calon pengantin/catin, Sabtu (13/6). Pembinaan terkait kesiapan mental, kesehatan dan tata laksanan rumah tangga.

Dalam kegiatan kelas calon pengantin (Catin) yang dilaksankan di aula pertemuan puskesmas Culamega tersebut, di sampaikan sejumlah pembinaan oleh sejumlah narasumber terkait kesiapan mental psikologis, kesehatan reproduksi dan keluarga berenacana, asupan gizi hingga pemahaman berumah tangga dalam ketentuan dan perspektif agama islam menuju keluarga sakinah mawadah warohmah.

Kepala UPTD Puskesmas Culamega H Karyana di dampingi ketua pelaksana Agni Nurimanti, usai acara menjelaskan, pembinaan/kelas calon pengantin yang dilaksanakan pihaknya merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka membantu memberikan pemahaman pada para calon pengantin, pembinaan oleh bidang promosi kesehatan (promkes ) diantaranya pentingnya kesiapan catin sejak pranikah, seperti persiapan fisik dengan melakukan persiapn status kesehatan, pemeriksaan darah secara rutin hingga pemeriksaan urin.

Puluhan calon pengantin se Kec. Culamega ikuti kelas catin yang digelar Puskesmas Culamega, Sabtu (13/6).

Masih menurutnya, masih dalam langkah kesiapan pra nikah, calon pengantin perempuan harus memahami pentingnya asupan gizi,status imunisasi (TT) dan pemeriksaan alat reproduksi untuk mempersiapkan kehamilan.

”inti dari kegiatan tersebut adalah memberi pemahaman terkait pentingnya menjaga kualitas keluarga baik dari segi tatanan agama hingga kesehatan,”jelasnya.

Sementara kepala kantor urusan agama Kec. Culamega Momon Pranata,S.Hi, dalam pembinaannya, menyampaikan sejumlah persoalan terkait aturan dan ketentuan pernikahan yang telah di atur oleh agama serta pencatatan administrasi pernikahan oleh negara, sekaligus sejumlah kiat menjaga keharmonisan dan kualitas sebuah keluarga dari hukum agama dan umum. (**)

Advertisement
error: Content is protected !!