Connect with us

SABA DESA

Poktan Sumber Tani Muda Cipicung, Berencana Bangun Area Wisata Agrobisnis Petik Tanaman Organik.

Published

on

Kabar Culamega – Inovasi untuk kemajuan petani dan pertanian modern menjadi target anggota kelompok tani Sumber Tani Muda Kp.Cibeunteur Desa Cipicung, Kec. Culamega, Kab. Tasikmalaya. Selain membangun kantor sekretariat dengan konsep bangunan taman yang artistik, mereka juga tengah fokus membangun saung hidroponik untuk sarana edukasi bertani modern bagi anggota dan masyrakat sekaligus direncanakan jadi area wisata agrobisnis.

Ketua Poktan Sumber Tani Muda Kp.Cibeunteur Desa Cipicung Iwan Irawan, didampingi sekretarisnya Amir S.Apt dan Bendahara  poktan Heris, menjelaskan. Kedepannya setelah tuntas di kerjakan Sekretariat Poktan ini bisa di gunakan sbg tempat pertemuaan rutin anggota, tempat penyuluhan juga tempat untuk menerima tamu apabila ada kunjungan dari dinas instansi ke Poktannya, kemudian Saung Hidrophonik  dengan ukuran 30 x20 Meter akan di jadikan pusat sarana belajar dalam mengembangkan budidaya tanaman Hidrophonik bagi anggota Poktan maupun warga Kp.Cibeunteur, bahkan bisa jadi destinasi wisata Agrobisnis petik sayuran organik langsung di lokasi yg terbebas bahan pupuk kimia.

Tahap pembangunan sekretariat dan area saung hidroponik poktan Sumber Tani Muda Desa Cipicung.

“Biaya pembuatan hsl dari iuran rutin anggota Rp 10.000 /bulan dan sumbangan pribadi dari Sekretaris Kelompok.
Biaya sewa ahli pembuatan taman, gazebo,saung hidroponik dan kolam ikan lele di tanggung semua oleh Sekretaris Kelompok sebesar Rp.25 juta,”jelasnya.

Petugas peyuluh pertanian bersama Babinsa Cipicung saat meninjau lokasi milik poktan sumber muda tani,Minggu (5/7)

Penyuluh pertanian Desa Cipicung pada BPP Culamega,Asep Tirtana bersama Babinsa Cipicung Sertu Agus Sugiarto. saat berkunjung ke Lokasi, Minggu (5/7). menyampaikan, pihaknya mengapresiasi atas langkah dan rencana inovatif yang dilakukan anggota poktan tersebut, selain pembangunan kantor sekretariat yang multifungsi, pembuatn saung hidroponik pun menjadi langkah cerdas.

“Kami akan mendukung dan siap melakukan pendampingan pada mereka, target mereka sangat bagus bagi pengembangan pertanian modern sekaligus diyakini mampu memberi dampak terhadap peningkatan kesejateraan bagi mereka dan warga sekitar,”pungkasnya. (**)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!