Connect with us

SABA DESA

Pojok Edukasi dan Literasi Jadi Salah Satu Program Pemdes Cipicung Dalam Penguatan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pendidikan.

Published

on

Culamega,Kabartasela.com – Pengembangan edukasi kepada masyarakat untuk menguatkan budaya membiasakan membaca bagi masyarakat terutama dari kalangan masyarakat usia produktif dilaksanakan Pemdes Cipicung Kec. Culamega dengan menggelar sosialisasi edukasi pojok baca atau perpustakaan desa, Kamis (23/6/2022).

Dalam sosialisasi kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh pemdes Cipicung bersama Setda Kab. Tasikmalaya, hadir puluhan warga dan para perangkat desa, juga di hadiri langsung kepala desa Cipicung Amir S.Farm, Ketua TP PKK Kec. Culamega  Ny. Meli Sumiati, S.Si, ketua TP PKK sekaligus bunda literasi Desa Cipicung Ny. Ai Nurainillah dan perwakilan bagian umum Setda Kab. Tasikmalaya yang diwakili Kasubag Perpustakaan Irvan Mulyadie S.Ip M.I.P bsserta jajarannya.

Kepala Desa Cipicung Amir S.Farm dalam kesempatan Tersebut menjelaskan, agenda bagian umum setda  Kab. Tasikmalaya untuk melakukan sosialisasi edukasi pojok baca sesuai dengan Program kerja pemdes Cipicung yang tengah di laksanakan yaitu membuat pojok Edukasi dan  literasi bagi masyarakat usia produktif.

Dijelaskan Kades,Pojok baca di fokuskan untuk memaksimalkan program bunda literasi desa, anak usia dini dan para pelajar yang ada di wilayah Desa Cipicung untuk meningkatkan minat baca untuk meningkatkan ilmu pengetahuan melalui buku- buku berbagai judul dan jenis yang nantinya akan  di sediakan di perpustaan desa. Target kedepannya adalah membentuk pengurus perpustakaan desa dan menyediakan ruang pojok baca, pengadaan buku dan strategi kerja sama dengan kelompok penggiat membaca, sekolah- sekolah yang ada di desa Cipicung untuk mengakses perpustakaan desa tersebut.

“Selain  melakukan sejumlah langkah persiapan dan penataan termasuk membentuk pengurus juga akan dimaksimalkan pembuatan peraturan desa tentang perpusatakaan desa,”jelasnya.

Sementara ketua TP PKK sekaligus bunda literasi Kec. Culamega Ny Meli Sumiati, S.Si  ditemui terpisah menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah pemdes Cipicung untuk merealisasikan pojok baca atau perpustakaan desa guna meningkatkan kesadaran minat baca pada masyarakat terutama kalangan anak usia dini dan pelajar.

“Kami dari pihak tim penggerak PKK baik dari kecamatan dan desa Cipicung siap mensukseskan pemberdayaan perpustakaan desa tersebut seiring  salah satu program bunda literasi,”pungkasnya.

Pewarta : Mz-foel
Editor     : Aby

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!