Connect with us

PERISTIWA

Petugas Pos Operasi Ketupat Lodaya Tapal Kuda Salawu, Evakuasi Pasien Positif Covid-19

Published

on

Kabar Tasikmalaya – Petugas Gabungan berhasil melakukan Evakuasi seorang warga yang dinyatakan Positif Covid 19 di Pos Pengamanan Oprasi Ketupat Lodaya Tapal Kuda Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis dini hari 00.30 WIB, (21/5). Selain melibatkan Petugas Medis Berpakaian Alat Pelindung Diri Lengkap, anggota Polres Tasikmalaya dan TNI yang berjaga di Pos Pam Tapal Kuda juga dilibatkan.

Pasien Positif Covid 19 ini berasal dari kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya yang bekerja di Percetakan Kawasan Kelapa Gading, Jakarta. Pasien memilih pulang kampung Ke Tasikmalaya dengan menggunakan Sepeda Motor jelang Lebaran.

Komunikasi yang masif dengan Keluarga serta ciri cirinya di ketahui membuat Pasien akhirnya di Identifikasi. Petugas Kepolisian,TNI Dan Petugas Medis Di POS PAM Oprasi Ketupat Lodaya Tapal Kuda, Salawu berhasil menemukanya tengah mengendarai sepeda motor.

“Anggota kami bersama jajaran TNI dan Petugas Medis yang saat itu bertugas di POS PAM Oprasi Ketupat Lodaya Tapal Kuda Salawu, terlibat dalam operasi kemanusiaan untuk mengevakuasi Warga  yang diduga Positif Covid 19. Tapi Alhamdulillah, berkat kesigapan anggota, warga ini akhirnya berhasil di cegah hingga tidak pulang Kampung ke keluarganya melainkan di evakuasi Keruang Isolasi RSUD SMC Singaparna. Hal ini untuk antisipasi Penyebaran Wabah Covid 19.”, Ucap AKBP Hendria Lesmana, Kapolres Tasikmalaya, Kamis (21/5).

Dari riwayatnya, pasien laki laki ini sempat jalani Test Swab di Jakarta tanggal 17 mei 2020 lalu dengan keluhan mirif covid 19. Pasien memutuskan mudik tanggal 20 mei 2020, namun saat di perjalanan Hasil PCR atau SWAB keluar dan dinyatakan positif Covid 19.

Meski Dinas Kesehatan DKI Jakarta memintanya masuk Rumah sakit Darurat wisma atlit untuk penanganan Covid 19, Pasien menolak kembali karena sudah terlanjur melakukan setengah perjalanan Mudik. Pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan Kordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya untuk menghentikan Pasien agar tidak pulang kerumah. 

Petugas gabungan dan tim medis ber APD lengkap saat mengevakuasi seorang pasien covid-19 yang mudik dari Jakarata yang akan menuju wilayah Kab. Tasikmalaya di Pospam Tapal kuda.

Kordinasi yang baik Gugus Tugas Covid 19 akhirnya bisa meyakinkan pasien untuk jalani perawatan medis di Ruang Isolasi Corona RSUD SMC Singaparna.

“Yang bersangkutan sudah masuk di Ruang Isolasi RSUD SMC sejak dini hari, Kondisinya saat Ini stabil. Masyarakat dan keluarga tidak perlu khawatir, Pasien dalam penanganan medis”, Ucap dr. Adi Widodo, Kasie Kemedikan RSUD SMC Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. ( Wha )

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!