Connect with us

DAERAH

Perkuat Silahturahmi Sekaligus Jaga Tradisi Sejarah, Warga Sukamaju Lama Adakan Halal Bi Halal.

Published

on

Bantarkalong,Kabartasela.com – Pengurus Himpunan Masyarakat Sukamaju Lama ( Himassul) dan warga dari 4 Desa menggelar silahturahmi dan halal bi halal 1443 Hijriyah di halaman Kantor Desa Sukamaju Kec. Bantarkalong Kab. Tasikmalaya, Minggu ( 15/5/2022).

Halal bi halal ini merupakan agenda rutin tahunan pengurus Himassul dan warga Sukamaju lama yang berasal dari Desa Sukamaju, Wakap Kec. Bantarkalong, Desa Mertajaya dan Toblongan Kec. Bojongasih. Selain di jadikan sarana bersilahturahmi, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara memperkuat jalinan kekeluargaan antar warga sekaligus menguatkan tradisi sejarah bahwa pendahulu warga dari 4 Desa ini adalah sebelumnya satu keluarga dalam Desa Sukamaju sebelum dilakukan pemekaran menjadi Sukamaju,Wakap, Mertajaya dan Desa Toblongan yang kemudian secara administrasi kewilayahan masuk ke Kec. Bojongasih.

Selain ratusan warga, Hadir Pula Ketua Himassul yang juga Kades Sukamaju Ade Supriyatna S. Sos , Pembina Himassul yang juga Anggota DPRD Kab. Tasikmalaya Haris Somantri S Sos, Kepala Desa Wakap Nina Dianas S.Sos, Kepala Desa Mertajaya Agus Saepurrohman, Kepala Desa Toblongan Diding Solihudin S.PdI serta tokoh dan tamu undangan lainnya.

Ketua Himassul sekaligus Kades Sukamaju Ade Supriyatna S.Sos dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan halal bi halal Himassul ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap bulan syawal atau setelah hari raya idul fitri dan dilaksanakan secara bergilir di 4 desa, untuk tahun 1443 Hijriyah kali ini giliran desa Sukamaju menjadi tempat pelaksanaan halal bi halal dan silahturahmi.

Dijelaskan Ade, selain menggelar agenda tahunan berupa acara halal bi halal, Himassul juga rutin menggelar kegiatan pengajian dan musyawarah yang dilaksanakan dengan tempat bergiliran juga.

” Terima kasih atas kekompakan semua pemdes, tokoh  dan warga Sukamaju lama, mudah- mudahan dengan rutinnya kita berkumpul akan menjadi penguat ikatan silahturahmi dan persaudaraan antar warga sebagai penerus sejarah dan persaudaraan pendahulu kita,” Ujarnya.

Sementara Pembina Himassul Haris Somantri S.Sos di dampingi Ketua Panitia Nana Juhana  menyampaikan, Himassul di bentuk sebagai wadah silahturahmi dan komunikasi warga sukamaju lama yang dilatar belakangi sejarah Desa Sukamaju lama, walaupun secara administrasi pemerintahan kini warga telah terbagi menjadi warga 4 desa hasil pemekaran dari Desa Sukamaju lama, namun keberadaan Himassul sangat penting guna menjaga tradisi sejarah dan meneruskan silahturahmi orang tua dan pendahulu warga.

“Alhamdulilah keberadaan Himassul sangat terasa sebagai wadah bersilahturahmi, temu kangen dan saling menguatkan ikatan silahturahmi antara warga dari Desa Sukamaju, Wakap, Mertajaya dan Toblongan,” Pungkasnya.

Pewarta    : Mz-foel
Editor          : Aby

Advertisement
error: Content is protected !!