Connect with us

KESEHATAN

Pentingnya Literasi Fisik Bagi Anak.

Published

on

Oleh : Ucu Abdul Ropi, M.Pd
(Dosen pendidikan jasmani FKIP Unigal Ciamis)

“Physical literacy is the motivation, confidence, physical competence, knowledge, and understanding to value and take responsibility for engagement in physical activities for life.”
“Literasi fisik adalah motivasi, kepercayaan diri, kompetensi fisik, pengetahuan, dan pemahaman untuk menghargai dan bertanggung jawab atas keterlibatan dalam aktivitas fisik seumur hidup. “
(The International Physical Literacy Association, May 2014)

Aktivitas fisik jauh lebih menyenangkan ketika kita melek secara fisik. Jika kita ingin anak-anak aktif seumur hidup, idealnya mereka kita perlu mengembangkan literasi fisik pada usia dini selama tahap awal Pengembangan Olahragawan Jangka Panjang (Long Term Athlete Development), Mulai Aktif, Mempelajari gerakan dasar, dan Belajar berlatih.

Artikel ini menawarkan pelatih, orang tua, guru penjas, dan praktisi kesehatan akses ke berbagai sumber daya yang dapat membantu anak-anak menjadi melek secara fisik.

Unsur-unsur yang terdapat dalam literasi fisik adalah sebagai berikut:
1.Motivasi dan kepercayaan diri (unsur apektif)

Motivasi dan kepercayaan diri mengacu pada antusiasme individu untuk, menikmati, dan memiliki keyakinan diri dalam melakukan aktivitas fisik sebagai bagian integral dari kehidupan.

Kompetensi fisik (unsur fisik)
Kompetensi fisik mengacu pada kemampuan individu untuk mengembangkan keterampilan dan pola gerakan, dan kapasitas untuk melakukan berbagai intensitas dan durasi gerakan dalam aktifitas fisik. Kompetensi fisik yang ditingkatkan memungkinkan seseorang untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan aktifitas fisik.

2.Pengetahuan dan Pemahaman (unsur kognitif)

Pengetahuan dan pemahaman mencakup kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengekspresikan kualitas-kualitas penting yang memengaruhi gerakan, memahami manfaat kesehatan dari gaya hidup aktif, dan menghargai fitur keselamatan yang sesuai terkait dengan aktivitas fisik dalam berbagai situasi dan lingkungan.

Keterlibatan dalam aktifitas fisik seumur hidup (perilaku) Keterlibatan dalam aktivitas fisik seumur hidup mengacu pada individu yang mengambil tanggung jawab pribadi untuk melek secara fisik dengan memilih secara bebas untuk aktif dengan latihan secara teratur. Ini melibatkan prioritas dan mempertahankan keterlibatan dalam berbagai kegiatan yang bermakna dan menantang secara pribadi, sebagai bagian integral dari gaya hidup aktif.(**)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!