Connect with us

DAERAH

Peningkatan Kapasitas Anggota BPD,Wujudkan Sinergitas Antar Desa Se Kec. Bojongasih.

Published

on

Cipatujah,Kabartasela.com – Peningkatan sumberdaya manusia bagi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sangat dibutuhkan seiring perkembangan regulasi saat ini.
Sejalan dengan maksud dan tujuan dalam meningkatkan SDM keanggotaan BPD maka Pemerintah Desa se Kecamatan Bojongasih melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas melalui kegiatan Bimbingan teknis bersama BPD se kecamatan Bojongasih.Kegiatan ini di ikuti oleh Ketua dan anggota BPD se kecamatan Bojongasih bertempat di Aula Mess Pemda Sindangkerta.Senin ( 21/11/2022 ).

Kegiatan yang di hadiri oleh Bapak Camat Bojongasih Memed Nuryadin Sip , Ketua Afdesi Kecamatan Bojongasih H Subhan Sopari S.HI , Kades Toblongan Diding Solehudin, Kades Mertajaya Agus Saepulrohman,Kades Girijaya Yoyo Mulyana,Kades Cikadongdong Sumarna,Kades Sindangsari A.Badrudin

“Kegiatan Pelatihan ini di laksanakan berdasarkan Permakades se kecamatan Bojongasih dengan jumlah peserta 34 orang anggota BPD dari 6 Desa di Kecamatan Bojongasih dengan anggaran bersumber dari APBDes TA 2022 yang berasal dari Banprov demikian disampaikan Suhendar S.sos dalam laporannya selaku Ketua Panita Pelaksana.

Lebih lanjut dalam laporan panitia di sampaikan bahwa kegiatan Pelatihan ini di laksanakan dengan maksud dan tujuan untuk membekali anggota BPD tentang pemahaman dasar hukum serta pedoman penyusunan produk hukum desa dan pengelolaan aset desa, serta untuk memberikan fasilitasi dan kordinasi antar BPD di kecamatan Bojongasih dalam menghadapi permasalahan penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan kewenangan desa.

Pada acara sambutan pengarahan sekaligus pembukaan kegiatan Pelatihan BPD Camat Bojongasih menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya kegiatan peningkatan kapasitas ini, sehingga diharapkan dengan pembekalan bagi seluruh anggota BPD ini dapat memberikan pemahaman dan membangun sinergitas untuk memajukan desa dan meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai dengan kewenangan dan peraturan perundang undangan.

Sebagaimana diketahui kegiatan Pelatihan BPD ini dilaksanakan dengan nara sumber DPMD Kabupaten Tasikmalaya .
Antusias dan dinamika peserta dalam mengikuti kegiatan sangat tinggi, hal ini tampak dari sesi tanya jawab yang begitu dinamis karena semangat peserta dalam memahami materi dan situasi di wilayah desa masing masing.

Semoga dengan kegiatan Bimbingan Teknis BPD se kecamatan Bojongasih ini akan dapat meningkatkan sinergitas dan kekompakan, serta pemahaman dalam melaksanakan tupoksi BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan dan membangun desa. ( Iwa )

Advertisement
error: Content is protected !!