Connect with us

POLITIK

Pengawasan Partisipatif Dari Masyarakat Sangat Diperlukan Untuk Wujudkan Suksesnya Pemilu 2024 Yang Bermartabat.

Published

on

Acara sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu 2024 yang Digelar Panwaslucam Bojongasih, Minggu (28/12024)

Bojongasih,Kabartasela.com– Langkah Pengawasan Partisipatif merupakan wadah kolaborasi antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan masyarakat dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan ketua Panwaslucam Bojongasih Kab. Tasikmalaya Ricky Safari S.Pd pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif  sebagai wujud nyata Implementasi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 bertempat di Gedung PGRI Kec. Bojongasih, Minggu (28/1/2024).

Acara dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari berbagai unsur masyarakat, antara lain unsur Muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat,tokoh perempuan dan unsur kepemudaan.

Dijelaskan Ricky, Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

 

“Di sini kita sadar bahwa bawaslu tidak dapat melakukan pengawasan secara optimal dikarenakan keterbatasan personel, sehingga membutuhkan peran serta masyarakat agar turut andil dalam melakukan pengawasan, Diharapkan kegiatan ini memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik.Keterlibatan masyarakat dalam setiap tahapan pemilu menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi sehingga dapat menghasilkan pemilu yang bermartabat,” pungkasnya (Mz).

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!