Connect with us

DAERAH

Pemdes Sindangsari Ajak Warganya Rawat Makam Eyang Sakti Hurip dan Eyang Batara Sakti

Published

on

Lokasi makam sesepuh warga Desa Sindangsari yang ramai di datangi peziarah yang datang dari berbagai daerah.

Kabar Bojongasih – Selain ajakan moral kepada warganya, Pemdes Sindangsari, Kec. Bojongasih, Kab. Tasikmalaya juga melakukan sejumlah langkah nyata untuk merawat situs sejarah berupa makam leluhur mereka yaitu Eyang Sakti Hurip dan Eyang Batara Sakti.

Selain pembuatan akses jalan setapak, mereka juga membuat beberapa saung untuk tempat beristirahat bagi para peziarah yang mendatangi lokasi makam kedua tersebut yang berada di salah satu perbukitan yang berada di utara desa ini.

Kades Sindangsari, A Badrudin saat ditemui Kabar Tasela.com, Selasa (21/4/2020), menjelaskan, Pihaknya sengaja mengajak warganya untuk merawat sekaligus melestarikan keberadaan situs sejarah berupa makam yang menjadi tempat peristirahatan sesepuh warga Desa Sindangsari.

Dijelaskan Kades, dari keterangan sejumlah sesepuh desa dan keturunan, Eyang Sakti Hurip dan Eyang Batara Sakti adalah dua tokoh penyebar agama islam di wilayah Sindangsari berikut sejumlah daerah di Kec.Bojongasih, selain itu, keduanya merupakan pemimpin pesantren serta menjadi pemimpin dalam sistem dalam tatanan sosial warga dijamannya, sehingga banyak peziarah yang menyakini karomah keduanya dalam kepangkatan dan pemerintahan.

Masih menurut Kades, ramainya aktifitas peziarah yang mendatangi kedua makama kramat tersebut diketahui sejak 4 tahun silam, peziarah tersebut berasal dari Garut, Bandung, Sukabumi, jawa tengah, dan Palembang.

“Kami akan terus berusaha membangun sejumlah sarana dan fasilitas di area makam, untuk mempernudah peziarah mengaksesnya, target lainnya adalah membangun cungkub atau bangunan agar peziarah dapat merasa nyaman,ā€¯jelasnya. (Aby).

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!