Connect with us

SABA DESA

Pemdes Parakanhonje Gelar Sosialisasi Program YESS.

Published

on

KABAR BANTARKALONG – Pemerintah Desa Parakanhonje, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya menggelar sosialisasi YESS (Youth Enterpreneurship and Employment Support Services) kalangan muda dan masyarakat pada Sabtu (10/10/2020).

Sosialialisasi YESS yang di gelar Di aula Desa Parakanhonje tersebut merupakan kerjasama antara tim Mobilizer YESS KTNA Kabupaten Tasikmalaya, BPP Bantarkalong guna memperkuat kesadaran masyarakat terutama kalangan muda untuk berwirausaha dan membuka peluang ketenaga kerjaan di pedesaan.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua KTNA Kabupten Tasikmalaya H Smbas, koordinator BPP Bantarkalong Suherman SP, Kades Parakanhonje Abdulloh dan puluhan petani dan anggota kelompok wanita tani se Desa Parakanhonje.

Ketua KTNA Kabupaten Tasikmalaya H Sambas dalam paparanya menjelaskan,Salah satu agenda yang tertuang dalam program YESS adalah penguatan BPP yang berada di empat provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan. BPP tersebut akan menjadi sentra koordinasi dan kegiatan petani milenial dalam mengembangkan usahanya.

Dikatakan H Sambas, Dalam rangka mendukung pencapaian tujuan program YESS, maka diperlukan peningkatan kapasitas bagi penyuluh maupun petugas dalam BPP. Diharapkan melalui peningkatan kapasitas BPP dalam mendukung pengembangan usaha petani milenial ini masalah pengangguran dapat teratasi dengan terbukanya peluang kerja di sektor pertanian melalui penumbuhan wirausahawan muda pertanian sehingga dapat menekan kemiskinan dan arus urbanisasi ke kota dari kaum muda.
Dimana pemuda milenial melakukan pengelolaan usaha pertanian yang diarahkan secara berkelompok dan mengembangkan usaha secara bersama.

“Pada intinya program YESS dilaksanakan untuk mendorong peningakatan krgiatan bagi masyarakat teruma kalangan pemuda usia 17-39 Tahun dalam memanfaatkan beragam potensi di desanya,” jelasnya.

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Bantarkalong Suherman SP, dalam Paparannya menyampaikan, Dalam program yess ini, ada terdapat 4 komponen yang menjadi target program YESS yaitu peningkatan kapasitas pemuda perdesaan di bidang pertanian, pengembangan wirausahawan muda perdesaan, fasilitasi akses permodalan dan membangun lingkungan usaha yang kondusif.

“Pemanfaatan potensi di pedesaan menjadi salah satu langkah penguatan dan pemberdayaan ekonomi kreatif di masyarakay,”jelasnya.

Sementara Kepala Desa Parakanhonje, Abdulloh ditemui terpisah menjelaskan, Pihaknya berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi YESS dapat meningkatkan kepedulian dan semangat masyarakat terutama kalangan milenial untuk bersama- sama membangun desa.( Red)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!