Connect with us

POLITIK

Panwaslucam Cibalong Gelar Bimtek 92 Orang PTPS.

Published

on

Cibalong,Kabartasela.com – Guna tercapainya target pemilu 2024 yang lancar,aman,berintegritas dan transparan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (PANWASLU) Kecamatan Cibalong mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Gor Desa Singajaya Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya (09/02/2024).

 

Acara yang turut dihadiri oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya,Muspika,Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)Cibalong, Komisioner dan staf pendukung dari Panwascam serta 92 anggota Pengawas TPS (PTPS) yang ada di kecamatan cibalong.

 

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pengawas TPS dalam melakukan pengawasan tahapan perhitungan suara dengan akurat serta memanfaatkan aplikasi Siwaslu sebagai alat bantu pengawasan yang efektif.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda SP mengatakan, bahwa acara bimtek PTPS merupakan langkah persiapan stakeholder pengawas pemilu guna antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi jelang pelaksanaan Pemilu 2024 karena PTPS merupakan ujung tombak dari pelaksanaan fungsi pengawasan pemilu pada hari H di TPS nanti.

 

“Dengan pemahaman yang baik tentang perhitungan suara dan penggunaan aplikasi Siswaslu para Pengawas TPS dapat memastikan bahwa setiap suara yang masuk dihitung dengan benar dan hasilnya dapat terdeteksi secara akurat guna membantu mencegah terjadinya kondisi atau manipulasi hasil pemilihan.” Ujarnya.

 

Para peserta bimtek diberikan penjelasan mendalam mengenai prosedur perhitungan suara yang benar termasuk penghitungan suara sah, suara tidak sah, dan penggunaan formulir C1 juga diberikan pelatihan dalam menggunakan aplikasi Siswaslu untuk menggabungkan dan melaporkan hasil pengawasan perhitungan suara secara real-time.

 

Dengan pemahaman yang baik tentang perhitungan suara dan penggunaan aplikasi Siwaslu para pengawas TPS dapat memastikan bahwa setiap suara yang masuk dihitung dengan benar dan hasilnya dapat terdeteksi secara akurat, para pengawas TPS dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih efektif dan memastikan bahwa hasil pemilu 2024 ini mencerminkan kehendak rakyat.( Ihsan)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!