Connect with us

RAGAM

Meriahkan Hari Kemerdekaan Ke-77, Warga Parumasan Kec. Sodonghilir Ikuti Beragam Perlombaan Bertajuk Pelestarian Kearifan Lokal Yang digelar Panitia .

Published

on

Pewarta  : Mz- foel.

Sodonghilir,Kabartasela.com – Semarak Kemerdekan dalam rangka HUT RI Ke 77 di Desa Parumasan digelar dengan meriah, beragam kegiatan dan  lomba yang melibatkan masyarakat sebagai pesertanya dilaksanakan oleh Pemdes Parumasan bersama  panitia hari besar nasional (PHBN)  dan Karangtaruna  Budi Bakti Desa Parumasanan,Senin (15/8/2022).

Dengan mengambil Tema “melestarikan kearifan lokal” tersebut,  Pemerintah Desa Parumasan bersama dengan Karang Taruna Budi Bakti Desa Parumasan mengadakan acara perlombaan Kesenian dan Olahraga.
Acara Kesenian Seperti Lomba Ngagondang ,Adapun peserta ngagondang berjumlah 7 peserta yaitu 2 peserta dari dusun Parumasan, 2 peserta dari dusun Jayapura, 1 peserta dari dusun Pangarih, 1 peserta dari dusun Padayungan dan 1 peserta dari dusun Satron. Lomba Tumpeng & Kadaharan Sunda,
Adapun lomba tumpeng dan Kadaharan Sunda diikuti 5 peserta, perwakilan 1 dari tiap dusun. Lomba Karoke berjumlah 25 peserta,Lomba Dugkol berjumlah 8 peserta, Lomba Senam Lansia,Lomba Senam Remaja Putri dengan peserta sebanyak 22 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Unsur Muspika Kec. Sodonghilir,kepala desa Parumasan Iip Koswara,lembaga desa dan tokoh masyarakat serta ribuan warga desa Parumasan yang memadati tempat acara.

Ketua Pelaksana PHBN Desa Parumasan Saepul Ulum, S.Pdi bersama ketua Karang Taruna Budi Bakti Desa Parumasan Anwar, S.Pd menjelaskan, pihaknya sengaja menggelar beragam kegiatan dan perlombaan dengan mengusung tema melesatarikan kearifan lokal sehingga sejumlah perlombaan yang digelar adalah yang berkaitan dengan seni,budaya,makanan tradisional sunda yang merupakan warisan leluhur.

Dijelaskannya, rangkaian acara memeriahkan HUT RI ke 77,dimulai dari Jalan Santai dengan pembagian  Doorprize, dilanjut dengan lomba Ngagondang, kemudian Lomba Senam, lomba Karoke dan lomba dugkol.

“Kami berharap dengan gelaran acara dan lomba yang mengedepakan tradisional Sunda dapat menguatkan pengetahuan, semangat merawat dan melestarikan budaya, seni dan makanan warisan leluhur tersebut, terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini,”pungkasnya.(***)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!