Connect with us

NASIONAL

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Kunjungi Ponpes di Tasikmalaya, Berikan Bantuan Modal Ke Pelaku UMKM

Published

on

Tasikmalaya,Kabartasela.com – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pondok Pesantren (Ponpes) Suryalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (20/04/2022) sore. Dalam kunjungannya, Airlangga mengagumi ponpes yang ia kunjungi, karena ponpes yang didirikan pada tahun 1905 itu lekat dengan hubungan antar ulama dengan pemerintah.

Menurut Menteri yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar itu, kehadirannya ke Tasikmalaya tiada lain sebagai bentuk silaturahmi yang sempat terputus akibat pandemi covid-19.

“Ini dalam rangka kunjungan silaturahmi, menyambung kembali silaturahmi yang sempat terputus situasi pandemi covid-19, kita tidak bisa banyak bergerak. Sekarang alhamdulillah situasinya (Pandemi) sudah landai, kita merajut kembali komunikasi dengan pondok pesantren Suryalaya Tasikmalaya ini. Di ponpes ini, pemerintah dan pondok pesantren, serta ulama sangat dekat, dan ini mempunyai sejarah panjang,” kata Airlangga Hartanto, usai melakukan kunjungan ke Ponpes Suryala Tasikmalaya, Rabu (20/04/2022) sore.

Selain mempererat tali silaturahmi, Airlangga juga mengundang sejumlah pelaku Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) di sekitar lingkungan pondok pesantren untuk hadir. Para pelaku UMKM ini diberikan modal berupa program pembiayaan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang jumlahnya hingga Rp500 juta.

“Sehingga tentunya dalam kesempatan kali ini, juga mengundang UMKM di sekitar pondok pesantren. Pemerintah mempunyai program pembiayaan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat yang tadi sudah diserahkan kepada Usaha kecil menengah yang jumlahnya sampai dengan Rp500 juta,” ucapnya.

Airlangga menambahkan, saat ini pemerintah pusat mempunyai dana untuk modal para pelaku UMKM hingga Rp380 triliun. Dirinya berharap, pelaku UMKM yang bermukim di sekitar pondok pesantren ataupun di wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya, bisa memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat tersebut. Pasalnya, pelaku UMKM di Tasikmalaya sudah terkenal mempunyai kemampuan yang handal.

“Pemerintah punya dana tahun ini bisa bisa sampai Rp380 triliyun. Oleh karena itu, kita berharap agar masyarakat pelaku UMKM di sekitar pondok pesantren ataupun di sekitar Tasikmalaya ini bisa juga memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat. Kita tahu di daerah sini banyak UMKM-UMKM yang sudah mempunyai kemampuan. Tadi juga disampaikan ponpes juga diberikan bantuan CSR untuk membantu perguruan tinggi untuk mendorong entrepreneurship,” tambahnya.

Disinggung soal perhelatan Pilpres 2024, Airlangga tak berkomentar banyak. Dirinya hanya berharap segala persoalan yang sedang terjadi di Indonesia termasuk ekonomi dan berbagai permasalahan sosial politik bisa segera pulih. Dirinya pun sudah melakukan doa bersama bersama para kiayi di pondok pesantren itu, untuk kebaikan negeri ini.

“Tahun ini tahun 2022, kita masih konsentrasi pemulihan ekonomi, penyehatan dari pada penyelesaian berbagai pertantangan sosial politik, dan tentu tadi kami bersama pak kyai dan abah (pimpinan ponpes) mendoakan agar segera pulih,” pungkasnya.

Pewarta   : Iwa
Editor        : Aby

Advertisement
error: Content is protected !!