Connect with us

KABAR VIRAL

Menafsirkan pengertian Mudik vs Pulkam ditengah pandemi covid-19

Published

on

Photo dok : Mata Najwa

Kabar Tasela – Pembahasan tentang mudik dan pulang kini tengah jadi trending topik masyarakat dan netizen di Indonesia, bahasan ini terpantik usai adanya statmen Presiden Joko Widodo dalam satu acara di televisi nasional yang tayang pada,Rabu (23/4/2020).

Saat ditanya soal pengertian Mudik Vs Pulang kampung oleh sang pembawa acara, Presiden Joko Widodo menyampaikan ada perbedaan dari bahasa keduanya, mudik itu untuk hari raya/ lebaran dan pulang kampung itu para pekerja di Jabodetabek pulang ke keluarganya masing-masing ke kampung.

Menanggapi hal itu ribuan netizen menyoroti pernyataan tersebut seperti dari akun Facebooknya Mom’s K’asfi “Bapak berarti boleh ya pulang kampung… asalkan jangan mudik aja… ” juga di kolom komentarnya Mata Najwa di Youtube dari akun Dede KhaeF “Apa bedanya bapak, pulang kampung dengan mudik? Beda waktunya katanya! Oke siap!” dan beraneka cuitan lagi.

Sementara dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) edisi ke V, mudik memiliki dua makna, yang pertama ‘(Berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman).’ KBBI memberikan contoh kalimat “Dari Palembang — sampai ke Sakayu”.
Sementara pengertian yang kedua ‘Pulang ke kampung halaman’ dalam KBBI memberikan contoh kalimat lagi “Seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang –” Sangat jelas bahwa mudik adalah pulang ke kampung halaman.

“Saya aja paham kok beda mudik dan pulang kampung yang dimaksud Jokowi. Kata “mudik” dan “pulang kampung” itu kalau secara “arti kata” jelas sama, yaitu sama-sama pulang ke daerah asal. Tapi dalam masa pandemi ini, istilah itu sengaja dibedakan. Catat ya, selama masa pandemi atau wabah” (feby.- dari berbagai sumber)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!