Connect with us

SABA DESA

Mahasiswa KKN UNCIP Tasikmalaya Inisiasi Pokdarwis Maksimalkan Potensi Wisata Curug Wedus Desa Sukamaju Kec. Bantarkalong.

Published

on

Mahasiswa UNCIP yang tengah melaksanakan Tugas KKN di Desa Sukamaju Kec. Bantarkalong saat berada di Curug Wedus.

Bantarkalong, Kabartasela.com – Mahasiswa UNCIP yang tengah melaksanakan tugas Kelompok Kerja Nyata (KKN) Desa Sukamaju Menginisiasi Masyarakat menggali potensi wisata yang ada di Dusun Leuwinanggung melalui pembentukan Kelompok Sadar Wisata  (Pokdarwis).

Potensi di Kp. Leuwinanggung Desa Sukamaju Kecamatan Bantarkalong menjadi sasaran target kegiatan  KKN UNCIP tersebut, sebab Dusun Leuwinanggung memiliki potensi wisata yang menarik yaitu Wisata air terjun yang oleh warga setempat di namai Curug Wedus., untuk memaksimalkan potensi destinasi wisata yang ada di leuwinanggung tersebut harus di dukung oleh kepedulian masyarakat sekitar sehingga perlu di bentuk kelompok sadar wisata  ( Pokdarwis),

“Target utama  dibentuknya Pokdarwis  adalah untuk menguatkan kesadaran berinovasi bagi masyarakat dalam memanfaatkan potensi wisata alam yang begitu eksotik dan masih terjaga kelestariannya, dengan pengembangan wisata berbasis pemberdayaan masyarakat diharapkan akan meningkatkan geliat perekonomian berbasis ekonomi kreativ dan UMKM serta mendorong pendapatan secara ekonomis bagi Masyarakat maupun potensi menambah pendapatan asli desa Sukamaju.” Ujar  Muhammad Fajarali,  ketua kelompok KKN UNCIP Al Fatih Desa Sukamaju, Minggu (27/8/2023).

Dijelaskan Muhamad Fajarali, pihaknya juga mengadakan  silaturahmi dan pemberian materi  berikut dengan papan informasi petunjuk jalan dan pembentukan Pokdarwis ( kelompok sadar wisata ), targtenya agar  Pengunjung atau wisatawan tidak akan kebingungan lagi ketika mau pergi berlibur ke wisata Curug wedus, ketika sudah ada papan informasi dan kelompok sadar wisata ( Pokdarwis) juga akan mempermudah dan menambah kenyamanan untuk wisatawan.

“Secara Geografis, Curug wedus yang ada di wilayah Kp. Leuwinanggung Desa Sukamaju Kec. bantarkalong  terletak  diantara dua desa, yaitu desa Sukamaju dan Desa Sepatnunggal Kec. Sodonghilir, untuk itu harus ada kolaborasi dan komunikasi antar kedua warga di desa tersebut untuk dapat bersama – sama mengakselerasi pengembangan potensi wisata alam tersebut untuk terciptanya damka positif bagi kemajuan di kedua wilayah tersebut,”Pungkasnya. ( Ade S)

Advertisement
error: Content is protected !!