Connect with us

RAGAM

Kuatkan Kemitraan Dengan Paraji, Puskesmas Bantarkalong Rutin Gelar Pembinaan.

Published

on

Bantarkalong,Kabartasela.com – Penguatan jalinan kemitraan dengan paraji dilakukan UPTD Puskesmas Bantarkalong, pertemuan pembinaan dan silahturahmi dengan paraji tersebut dilaksanakan secara rutin tiap bulannya.

Dalam setiap pelaksanaan pertemuan dengan agenda pembinaan tersebut, selain diikuti oleh puluhan paraji  binaam di wilayah Kec. Bantarkalong, hadir pula Bidan Koordinator Bidan Santi serta seluruh bidan desa dan tenaga kesehatan puskesmas Bantarkalong.

Plt Kepala UPTD Puskesmas Bantarkalong Nina S.Ip, ditemui di ruang kerjanya Senin (24/1/2022) menyampaikan, pembinaan kepada paraji ini merupakan agenda tetap dalam upaya menguatkan kemitraan dan pembinaan bagi paraji sebagai mitra bidan dan nakes dalam penanganan proses persalinan masyarakat.

Pembinaan paraji adalah suatu pelatihan yang di berikan oleh tenaga kesehatan yang menitik beratkan pada peningkatan pengetahuan paraji yang bersangkutan, terutama dalam hal hygiene sanitasi, yaitu mengenai kebersihan alat-alat  persalinan dan perawatan bayi baru lahir, serta pengetahuan tentang perawatan kehamilan, deteksi dini terhadap resiko tinggi pada ibu dan bayi, KB,  gizi serta pencatatan kelahiran dan kematian.

“Pembinaan Paraji merupakan salah satu upaya menjalin kemitraan antara tenaga kesehatan bidang dan dukun dengan tujuan menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Untuk mengatasi permasalahan persalinan oleh paraji, pemeritah membuat suatu terobosan dengan melakukan kemitraan paraji dan bidan. Salah satu bentuk kemitraan tersebut adalah dengan melakukan pembinaan dukun yan merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab bidan, sementara jumlah total paraji di Kec. Bantarkalong sebanyak 31 orang,” Jelasnya.(Mz)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!