Connect with us

SABA DESA

Kreativitas Warga Kampung KB Eyang Surapada Desa Cipicung.

Published

on

Kabar Culamega – Pemanfaatan barang bekas untuk diolah menjadi beberapa jenis barang/Perabotan rumah tangga jadi langkah inovatif yang dilakukan warga dari Kampung KB Eyang Surapada Desa Cipicung, Kec. Culamega kab. Tasikmalaya. Selain menjadi langkah daur ulang sampah dan barang bekas, barang -barang hasil kreativitas mereka juga mampu mendatangkan keuntungan ekonomis.

Hasil tangan kreatif warga Kampung KB Eyang Surapada Cipicung yang memanfaatkan barang bekas dan lidi daun kelapa kini mampu mendatangkan keuntungan secara ekonomis bagi mereka, barang-barang yang dihasilkan diantaranya tempat minuman gelar  isi 12 di jual seharga Rp 85.000, isi 9 dibanderol Rp 70.000 sementara untuk kapasitas 8 cup dijual Rp 65.000, Tempat tisu ukuran  besar dijual Rp 70. 000, untuk ukuran sedang Rp 60.000 tempat toples isi 4 Rp 60.000,pot bunga Rp 100 3 pics, piring lidi ditawarkan sebesar Rp 6000/biji atau Rp 60.000/lusin, sementara untuk tikar cangkang kopi dijual Rp 35000/ meter.

Piring dari lidi menjadi salah satu hasil kreativitas warga kampung KB Eyang surapada Cipicung.

Penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB) Kec. Culamega Ipit Puspitasari didampingi sejumlah pengurus Kampung KB Eyang Surapada Desa Cipicung menjelaskan,   produksi inovatif yang dilakukan warga di Kp KB tersebut merupakan langkah pemberdayaan masyarakat sekaligus mengoptimalkan potensi dan peluang usaha untuk membantu penguatan kesejahteraan warga.

“Kendala yang kami hadapi adalah pemasaran, jadi kami berharap ada bantuan pemerintah atau pihak terkait untuk membantu memasarkan produk kerajinan yang kami produksi,”jelasnya.

Sementara Kades Cipicung Jejan Hermawan didampingi Kadus Ganasabrang Aang Kurnia menjelaskan, pihaknya akan terus mendukung penuh langkah- Langkah inovatig warga di kampung KB, dengan adanya aktifitas tersebut dipastikan akan menambah geliat ekonomi masyarakat Desa Cipicung. (**)

Advertisement
error: Content is protected !!