Connect with us

PENDIDIKAN

Kenalkan Pertanian Sejak Dini, Penyuluh Pertanian BPP Cipatujah Beserta Babinsa Gelar Pembinaan Pada Siswa SMPN 5 Cipatujah.

Published

on

Cipatujah,Kabartasela.com – Pembinaan dan pengenalan bidang pertanian di usia dini terutama pemampaatan lahan pekarangan sekolah sareng kebun sekolah dilaksanakan Penyuluh Pertanian BPP Cipatujah dan Babinsa Desa Bantarkalong kepada Siswa SMPN 5 Cipatujah, Sabtu (3/9/2022).

Dalam pembelajaran muatan lokal bagi siswa tersebut, pihak sekolah sengaja mengadakan kerja sama dengan pihak BPP Cipatujah dan Babinsa Setempat untuk memberi pendidikan tata cara bercocok tanam dalam pemanfaatan pekarangan dan halaman sekolah untuk di tanami sayur mayur dan tanaman obat sekaligus mengenalkan pertanian organik, selain para siswa, peserta penyuluhan pertanian ini juga di ikuti para guru, karyawan dan masyarakat di sekitar sekolah.

Hadir sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, Babinsa Desa Bantarkalong Sertu Agus Sugiarto dengan materi Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah, Pemanfaatan Kebun Sekolah oleh Mantri Tani BPP Cipatujah Cecep Wanto SP,cara Pembuatan Pupuk Organik oleh Tamin SP (POPT BPP Cipatujah) dan budidaya tanaman sayuran oleh Yudi M SP (Penyuluh Pertanian BPP Cipatujah).

Cecap Wanto SP didampingi Sertu Agus Sugiarto menjelaskan,Tujuan dari kegiatan  ini adalah untuk edukasi sedini mungkin kepada anak anak tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan  lingkungan melalui kegiatan pilah sampah juga perlunya pengenalan ilmu bertani yg mudah, murah serta ramah lingkungan,

Dijelaskan keduanya,Edukasi ini memiliki sasaran yaitu anak yang bersekolah di SMPN 5 Cipatujah. Hal ini menjadi pertimbangan karena masih banyak ditemukannya sampah yang tercampur,  minimnya tempat sampah (Organik, Anorganik) dan lahan sekolah yg belum termanfaatkan. Melalui edukasi kepada anak – anak agar mampu melakukan pilah sampah sejak dini dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para orang tua untuk pilah sampah dari rumah juga pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan tanaman bermanfaat bagi keluarga.

“Harapannya,Peserta penyuluhan menjadi tahu dan bertambah wawasan ttg jenis sampah bahaya sampah juga pengelolaan sampah agar bisa di manfaatkan kembali,Rencana hari sabtu depan akan di lanjutkan dengan praktek pembuatan pupuk organik dari bahan yang ada di sekitar komplek sekolah atau anak anak di beri tugas untuk membawa kohe kandang domba. Serta membawa sampah bekas plastik di dapur/warung untuk di manfaatkan sebagai media pengganti polybag,” jelas keduanya.

Sementara Kepala  SMPN 5 Cipatujah Emet Meitipul S.Pd MSi menyampaikan, pihaknya menyampaikam apresiasi dan terima kasih atas inisiatif dari Babinsa dan  PPL Pertanian yang telah berkenan mengisi materi pelajaran muatan lokal dengan memberikan Penyuluhan tentang Pengelolaan Sampah & Pemanfaatan Kebun Sekolah di SMPN 5 Cipatujah. Kegiatan Pengelolaan Sampah yang baik dan Pola Pertanian Organik merupakan upaya Adaptasi dan Mitigasi atas perubahan iklim global.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini,karena diyakini mampu memberi manfaat kepada para siswa saat ini dan di masa mendatang,”pungkasnya.(***)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!