Connect with us

RAGAM

Kembangkan Potensi Menuju Desa Wisata, Pemdes dan Pokdarwis Pemuda Triloka Desa Eurenpalay Kembangkan Potensi Wisata Alam dan Budaya Sunda Buhun.

Published

on

Sungai karakal 7 parit menjadi Potensi lokasi wisata alam yang akan dikembangkan oleh Pemdes,Pokdarwis dan warga Desa Eureunpalay

Cibalong,Kabartasela.com – Dalam upaya harapan mewujudkan desa wisata, Pemdes dan pengurus Kelompok sadar wisata  pemuda Triloka Desa Euerunpalay Kec. Cibalong kab. Tasikmalaya, bersama lembaga desa, tokoh masyarakat dan warganya mulai melakukan sejumlah langkah untuk mewujudkan harapan mereka menjadi desa wisata.

Salah satu langkah nyata yang telah dilakukan adalah memanfaatkan potensi alam untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata seperti lokasi walungan karakal 7 parit dan sejumlah potensi alam lainnya, salah satunya adalah mengadakan mancing bersama warga di area Sungai yang memilik kateristik alam khas yang indah, selain pemannfaatan sejumlah potensi alam, mereka aktif membangkitkan kembali seni musik Buhun Tarawangsa kolaborasi bersama para  tokoh penggiat seni sunda setempat.

Ketua Pokdarwis Pemuda Triloka Cecep mulyana S.Kep menjelaskan, berdasarkan kesepakatan bersama antara Pemdes, BPD dan masyarakat Desa Eureunpalay untuk mewujudkan potensi alam dan budaya seni sunda untuk di kembangkan guna mewujudkan harapan menuju desa Wisata, pihaknya langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk kemudian melakukan pemanfaatan potensi alam dan menggiatkan kembali budaya sunda buhun.

Dijelaskan Cecep, Bersama semua elemen dan dukungan penuh pemdes, akhirnya dapat dilaksanakan pemanfaatan kondisi sungai Karakal 7 Parit sebagai salah satu lokasi wisata dengan menggelar acara mancing bersama  dengan tujuan promosi wisata dan kampanye pelestarian alam dengan tidak membuang sampah di sungai.

“Kami akan terus fokus melakukan inovasi alam dan budaya sunda buhun sebagai potensi wisata menjadikan Eureunpalay menjadi desa wisata,”jelasnya.

Sementara Kades Eurenpalay Yadi Suryadi di temui terpisah menjelaskan, sesuai dengan kondisi potensi alam dan sejarah banyaknya penggiat seni dan budaya  sunda buhun, pihaknya semakin semangat untuk memanfaatkan dan melakukan inovasi dalam mengelola sejumlah potensi tersebut menjadi  potensi yang layak dikembangkan menjadi lokasi wisata dan pusat study dan pengembangan wisata seni budaya lokal yaitu seni sunda buhun.

“Dengan potensi alam semisal aliran sungai Karakal 7 parit di Kedusunan Mekarsari dengan keindahan alam khas yang dapat dijadikan wisata alam berikut potensi alam lainnya, serta banyaknya warga yang menjadi penggiat budaya sunda buhun, maka kami optimis Desa Eureunpalay mampu menjadi pusat wisata dan edukasi budaya dan seni budaya tradisional,” Harapnya.

Pewarta  : Mz-foel
Editor      : Mz.

Advertisement
error: Content is protected !!