Connect with us

TNI DAN POLRI

Jumat Curhat, Polisi Pantau Harga di Pasar Tradisional Singaparna.

Published

on

SINGAPARNA,Kabartasela.com – Jelang tahun baru, pasokan kebutuhan di Pasar Tradisional Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, terpantau stabil jumat (30/12/22). Meski demikian, harga sejumlah kebutuhan alami kenaikan.

Cabai hijau naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu rupiah.
Sementara harga Bawang merah naik dari asalnya Rp 17 ribu menjadi Rp 20 ribu rupiah perkilogram. Sementara harga bawang putih naik dari Rp 20 ribu rupiah menjadi Rp 23 ribu rupiah perkiligram. Harga koll juga naik 100 persen dari asalnya Rp 4 ribu menjadi Rp 8 ribu rupiah perkilogram.

“Mulai naik pak sudah sebelum natal naik. Sekarang naik lagi mau tahun baru,” kata Sodikin, Pedagang Sayuran di Pasar Tradisional Singaparna jum’at (30/12/22).

Menyiasati agar dagangan lebih laku, pedagang putar otak. Mereka menjual kebutuhan seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan kacang dalam bentuk kemasan plastik kecil. Satu plastik itu hanya berisi dua butir bawang merah dan putih. Harganya Rp 400 rupiah saja.

“Dijual rentengan lebih laku pak. Utamanya untuk pembeli warungan. Banyak juga masyarakat yang gak bawa duit banyak belinya rentengan,” Ucap Ikah, pedagang warung sekaligus konsumen pasar tradisional.

Selain harga sayuran, harga daging sapi di Pasar Tradisional Singaparna juga alami kenaikan. Normalnya daging sapi dijual Rp 120 ribu kini dijual Rp 130 ribu rupiah perkilogram.

“Naik dari sananya saya jual 130 sampai 130 ribu rupiah perkilogramnya. Tapi alhamdulillah yang beli ada aja. Mereka persiapan bakar bakaran untuk tahun baru,” kata Atep kata pedagang daging sapi.

Sementara itu, Kepolisian Resort Tasikmalaya mendatangi pasar untuk melakukan pemantauan harga sekaligus “Curhat jumat”. Polisi menerima keluhan dari masyarakat Pasar mulai persoalan Jalan, Pelanggaran Lalu lintas, harga pangan hingga tata cara pembayaran pajak.

“Kami laksanan Program Jumat Curhat. Terima banyak curhatan keluhan dan apresiasi juga untuk kami. Kita dengarkan dan kita nanti formulasikan solusinya dengan berbagai pihak,” kata AKBP Suhardi Hery Haryanto, Kapolres Tasikmalaya.

Polisi bersama TNI dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memastikan pasokan kebutuhan pokok terjamin. Kenaikan harga sejumlah komoditas masih dianggap wajar.

“Jumat ini kami datangi Pasar Singaparna, kami dengan Pemda dan TNI pantau pasokan bahan kebutuhan. Hasilnya dipastikan aman kebutuhan memasuki pergantian tahun. Adapun yang naik itu masih dalam batas kewajaran,” kata AKBP Suhardi Hery Haryanto, Kapores Tasikmalaya di Pasar Tradisional Singaparna. ( Iwa )

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!