Connect with us

KESEHATAN

Jelang Pilkada, Ratusan Penyelenggara Pemilu Lakukan Rapid Test.

Published

on

Kabar Tasikmalaya – Jelang pilkada tahun 2020, gugus tugas covid-19 bersama KPUD Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menggelar rapid test masal, Sabtu (27/6/2020).

Sebanyak 250 panitia pemungutan suara (pps) yang akan melakukan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan jalani rapid test masal. Tahap awal rapid test penyelenggara pemilu dilakukan di lima Kecamatan mulai, Singaparna, Salawu, Ciawi, Sariwangi, dan Manonjaya.

“Rapid test tahap awal baru ke 250 anggota PPS. nanti yang lain nyusul. Ada di lima kecamatan serentak” Ucap dr. Reti, Petugas medis Gugus Tugas Covid 19.

Lima kecamatan ini mendapat prioritas rapid test awal karena masuk kategori rawan penyebaran covid 19. Selain lintasan dari luar kota, beberapa kecamatan juga ditemukan kasus positif covid 19.

Rapid test digelar untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 saat pelaksanaan pilkada tahun 2020.

“Kita laksanakan Rapid test untuk penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Tasikmalaya. Kerjasama dengan Gugus Tugas Covid 19. Apalagi mereka akan turun lakukan verifikasi Faktual calon perseorangan akhir juni. Jadi harus benar benar bebas dari Covid 19 sebelum kemasyarakat”, Ucap Zamzam Jamaludin, Ketua KPUD  Kabupaten Tasikmalaya. Di lokasi Rapid tes Aula Kecamatan Singaparna.

Kepolisian Resort Tasikmalaya turut mengawasi jalanya proses Rapid test. Hal ini untuk memastikan seluruh peserta menjalankan protokol Kesehatan.

“Kami Kepolisian Termasuk juga Bagian Gugus Tugas Covi 19, turut memantau pelaksanaan Rapid Test penyelenggara Pemilu” Ucap AKBP Hendria Lesmana, Kapolres Tasikmalaya di lokasi yang sama.

Meski sempat khawatir, namun sejumlah peserta mengaku lega hasil rapid test baik. Mereka bisa menjalankan tugas dengan leluasa, karena terhindar dari covid 19.

“alhamdulillah selesai perasaanya gugup tapi alhamdilillah haslnya sehat”, ucap Sopyan peserta Rapid Test masal.

Petugas pps ini akan melaksanakan kegiatan tahapan pilkada akhir juni. mereka akan turun untuk melakukan Verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon bupati dari calon perseorangan. ( Wha )

Advertisement
error: Content is protected !!