Connect with us

SABA DESA

Jadikan Kegiatan Rutin Petani Padawaras di Akhir Pekan, Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi Jadi Ikhtiar Bersama Untuk Tetap Bercocok Tanam.

Published

on

Cipatujah,Kabartasela.com – Bergotong Royong membersihkan saluran irigasi jadi agenda rutin kalangan warga dan  petani Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah Kab. Tasikmalaya.

Kegiatan bersih – bersih saluran irigasi menjadi kegiatan rutin setiap hari Sabtu dengan ratusan warga dan petani menjadi pesertanya, seperti yang terlihat hari ini, Sabtu (21/1/2022). Ratusan warga dan petani Desa Padawaras melakukan gotong royong membersihkan saluran air di lokasi Blok BL 16 Cimuncang Cikancah Kedusunan Cikatulampa Desa Padawaras.

Kepala desa Padawaras Yayan Siswandi SE, ditemui saat membaur bersama warganya bersih- bersih saluran irigasi menyampaiakan, selain menjadi kepakatan dan persetujuan bersama, kegiatan gotong royong yang selalu diikuti ratusan petani dan warga di akhir pekan adalah menjadi upaya nyata dalam merawat dan menjaga saluran irigasi agar berfungsi sempurna mengalirkan air untuk kebutuhan sawah mereka.

Dijelaskan Yayan, selain menjadi langkah nyata membangun kebersamaan dan kerja nyata wujudkan ketahanan pangan masyarakat Desa Padawaras, juga menjadi salah satu cara melestarikan budaya dan ajaran luhur leluhur dengan tetap menyambungkan silahturahmi salah satunya dengan bergotong royong.

“Selain memberi manfaat untuk keberlangsungan bercocok tanam, yang dilakukan petani dan warga dalam bergotong – royong dipastikan memberi dampak positif bagi terjalinnya kebersamaan dan kekompakan warga,”Pungkasnya.(Mz)

Advertisement
error: Content is protected !!