Connect with us

DAERAH

Dukung Penuh Gerakan Petani Milenial, Wabup Tasikmalaya berharap Pengembangan Sektor Pertanian Hingga Regenerasi Petani.

Published

on

Tasikmalaya,Kabartasela.com – Wakil Bupati Tasikmalaya H Cecep Nurul Yakin S.Pd MAP hadiri acara District Multi Stakeholder Forum Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Kamis (28/10/2021)

Dalam Kesempatan tersebut, Wabup Tasikmalaya H Cecep Nurul Yakin  menjelaskan,  sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam memajukan perekonomian. Sektor pertanian bukan hanya berperan menyediakan bahan pangan, tetapi juga menjadi penopang keberhasilan pengentasan kemiskinan. Sektor pertanian juga menjadi lahan tersedianya lapangan kerja dan sumber pendapatan bagi sebagian besar masyarakat.

“Pemerintah daerah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh dalam pembangunan sektor pertanian. Salah satu hal yang menjadi fokus adalah permasalahan regenerasi petani,”jelasnya.

Untuk itu,  H Cecep NY menegaskan, diperlukan upaya untuk menarik minat generasi milenial agar menekuni usaha di bidang pertanian. Para petani milenial inilah yang kelak akan menjadi agen perubahan di era globalisasi yang kian pesat. Peluang bonus demografi yang sedang dialami negara Indonesia harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk regenerasi tenaga kerja di bidang pertanian.

Selain itu, di masa pandemi ini, sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif dan berkontribusi signifikan. Oleh karena itu, gerakan petani milenial ini harus menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemik covid 19.

Seperti kita ketahui, Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu dari 15 kabupaten yang dipercaya untuk melaksanakan program YESS. Dan melalui program ini, diharapkan akan terwujud regenerasi petani, meningkatnya kompetensi sumber daya manusia di perdesaan, dan juga meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah dilaksanakan di tahun ini berupa pelatihan-pelatihan kewirausahaan yang sudah menjangkau elemen masyarakat ini,” Pungkasnya.(***)

Advertisement
error: Content is protected !!