Connect with us

RAGAM

Disperpakan Kab. Tasikmalaya, Sosialisasikan Pengembangan Tanaman Porang.

Published

on

Kabartasela. Com, Tasikmalaya -Gebyarnya tanaman porang yang kini tengah jadi perbincangan masyarakat, termasuk petani di wilayah Kab. Tasikmalaya, Tanaman porang yang dahulu dianggap sebagai tanaman hutan dan terkadang dianggap sebagai gulma seiring perkembangan jaman lewat berbagai penelitian oleh para ahlinya yang ternyata banyak sekali kandungan jenis yang sangat bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pertanian,Pangan dan Perikanan merespon cepat keinginan para petani yang ingin membudidayakan tanaman porang tersebut, mereka mengalokasikan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) Perubahan TA. 2020 untuk percontohan/demplot seluas 28 Ha yang rencananya akan dilaksanakan di kecamatan Cibalong, Cigalontang, Karangjaya, Bojonggambir, Cikatomas dan kec. Cisayong.

Ir. Rika Rukanah MP Kabid Tanaman Pangan mewakili Kepala dinas pertanian dan perikanan Kab.Tasikmalaya, membuka langsung acara sosialisasi penanaman porang kepada 40 peserta, Selasa yang terdiri dari perwakilan kelompok tani calon penerima bantuan dan penyuluh pertanian aula pertemuan Disperpakan, Selasa (24/11/2020).

“Walaupun program ini masih dalam proses lelang dan diharapkan secepatnya bisa direalisasikan dan kedepannya petani benar benar melaksanakan penanaman sesuai petunjuk cara penanaman yang benar dan melaksanakan sistem pelaporan berkala terkait perkembangan kepada Disperpakan Kab. Tasikmalaya melalui BPP yang ada disetiap kecamatan penerima bantuan,”jelasnya.

Perwakilan petani porang Kec. Cibalong, Sani Pirmansyah, menyampaikan, pihaknya berharap Disperpakan secepatnya menyalurkan bantuan sarana produksi yang dibutuhkan petani yang sudah siap menggarap lahannya dan berkejaran dengan waktu, dikarenakan apabila porang ditanam melebihi bulan januari nantinya hasil panen tidak maksimal.

“Kebutuhan akan tepung porang dunia yang sangat tinggi bahkan bisa dibilang tidak terbatas ke beberapa negara tujuan export seperti china,jepang dan korea memberi harapan besar bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dari sektor pertanian,”pungkasnya.(Ihsan)

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!