Connect with us

DAERAH

Deklarasi Bersama Ormas Jelang Pilkada Kabupaten Tasikmalaya.

Published

on

KABAR TASIKMALAYA– Ratusan Organisasi Masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat mengikuti Seminar Kebangsaan dan Deklarasi Bersama jelang kontestasi Pilkada serentak, Jumat siang (11/09/2020). Mereka berikrar untuk menjaga Tahapan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya berjalan Damai, Aman, tertib dan Sehat dengan menerapakan protokol Kesehatan antisipasi penyebaran pandemi Covid 19.

Lebih dari 100 Ormas mengirimkan perwakilanya mengikuti Deklarasi  yang digelar di Ruang Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Protokol Kesehatan diterapkan mulai penggunaan masker, cek suhu tubuh peserta, pemberian hand sanitazer hingga lokasi duduk dengan Jaga jarak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Mohammad Zein mengapresiasi kehadiran Organisasi Kemasyarakat dalam deklarasi ini. Ormas merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan termasuk mensukseskan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya tanpa ekses negatif.

“Saya apresiasi kegiatan deklarasi ini sebagai sarana aktualisasi diri peran serta ormas untuk sukseskan pilkada bupati dengan aman, damai tertib dengan pedoman covid 19”, Ucap Mohammad Zein, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua KPUD Kabupaten Tasikmalaya, Zam zam Jamaludin menyatakan Pilkada Tasikmalaya harus jadi ajang wisata politik dan pesta demokrasi untuk masyarakat.

Peran Ormas cukup menentukan agar Pilkada bisa dinikmati dengan sukacita oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Pelaksanaan Pilkada Ditengah Pandemi Covid 19 menjadi persoalan serius yang dihadapi dalam Kontestasi Pilkada. Dibutuhkan kesadaran semua pihak termasuk Ormas agar Pilkada tidak jadi klaster baru Penyebaran Covid 19. 

“Kami ingin jadikan pilkada sebagai wisata politik dan pesta demokrasi rakyat. Jadi karena pesta harus suka cita kita. Kita tidak berharap pesta tidak berujung duka apalagi saat ini ada Covid 19. Kita harus menyadari bahaya covid agar pilkada tidak jadi Klaster baru Penyebaran Covid 19.”,Ucap Zam zam di Ruang paripirna Dewan.

Perlu difahami untuk masa tahapan Kampanye dilakukan dengan pembatasan jumlah peserta. Lebih mengedepankan Kuatitas kampanye dibanding kualitas.

“Khusus Kampanye sekarang saat covid 19 pesertanya dibatasi, tidak ada konvoi tidak ada kerumunan.  Tapi hikmah covid 19 kampanye Pilkada bisa lebih berkualitas secara kuantitas bukan berkualitas dari jumlahnya”, Ucap Zam zam.

Ketua Bawaslu Dodi Juanda, meminta Ormas turut melaporkan digaan pelanggaran selama Pilkada.

“Kami bawaslu awasi KPU Peserta dan Pemilih. Paling seksi DPT dan money politik. Hati hati dengan pelanggaran ini bisa gugurkan Calon Bupati. Kami minta kalau ormas menemukan dugaan pelanggaran sampaikan kepada Bawaslu”, Ucap Dodi Djuanda, ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya.

AKP Hario Prasetyo Seni, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, menjelaskan, Hadapi Pilkada, Kepolisian Resort Tasikmalaya memetakan TPS menjadi titik tiga kategori. Kurang Rawan, Rawan dan sangat rawan. Terdapat 33 TPS yang Rawan tersebar di beberapa Kecamatan. Kurang rawan berarti jaraknya dekat dengan makopolres. Masyarakatnya kondusif tidak pernah terjadi konplik. kelompok masyarakatnya tidak terpengaruh.Rawan Jarak tempuh dua jam. Pernah terjadi konplik, gangguan kemanan sedang, parpol bersebrangan dengan pemerintah.

“TPS Sangat Rawan jarak tempuh dari makopolres tiga jam biasanya roda empat sulit dan roda dua harus jalan kaki. Atau masih terjadi konflik vertikal, masyarakatnya cenderung anarkis tidak percaya kebijakan pemerintah ada upaya gagalkan pemilihan”, Ucap AKP Hario Prasetyo Seni, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya.

Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya Atam Rustam mengatakan melalui deklarasi ini, PCNU menilai adalah langkah atau tanda bahwa pemerintah serius dalam mengadakan Pilkada ini dengan harapan Pilkada berjalan kondusif, aman, tentram dan sehat.

Ditengah Covid-19 ini, ungkap Atam, mari mengikuti protokol kesehatan agar Pilkada ini berjalan sehat. Juga kepada masyarakat agar dapat menjaga kondusifitas, keamanan dan jangan saling menjelekan.

“Silahkan memilih pilihannya masing-masing, dengan penuh rasa tanggung jawab dalam menentukan pilihannya. Agar pemimpin yang terpilih ini bisa membawa kemajuan bagi Kabupaten Tasikmalaya,” pungkasnya.( Wha )

Advertisement
Advertisement
Iklan oppo fauzan
error: Content is protected !!