Connect with us

TNI DAN POLRI

Danrem 062/TN, Tutup Kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam.

Published

on

Kabartasela.Com KOTA BANJAR -Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Muhamad Muchidin S.Sos, menutup kegiatan latihan Penanggulangan Bencana Alam yang digelar di Sport Center Gelora Banjar Patroman, Jum’at (20/11/2020.)

Dalam kegiatan tersebutdiawali simulasi Rapat terbatas yg dipimpin Walikota dalam rapat tersebut Walikota Banjar menetapkan Darurat bencana dan menunjuk Dandim 0613/Tn Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos sebagai IC (Insident Commander) Tanggap Darurat Operasi Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Kota Banjar.

Latihan teknis penanggulangan bencana, diskenariokan bahwa di wilayah Kec. Langensari telah terjadi banjir dan longsor yg menimbulkan korban jiwa sebanyak 4 orang. Sehingga pihak BPBD melaporkan kepada penanggung jawab (Kepala Daerah) dan segera mengambil langkah kordinasi pihak terkait (TNI/Polri dan Satuan tugas lainnya) Dandim selaku IC (Incident Commander) membentuk Satgas dan memerintahkan mendirikan Posko Penanggulangan Bencana untuk mengatasi permasalah tersebut sehingga bisa di tangani. Melaporkan ada bencana tanah longsor di wilayah Desa Sinartanjung Kec. Pataruman Kota Banjar sehingga menimbulkan korban jiwa. Tim SAR gabungan yang terdiri jajaran TNI/Polri, Satpol PP, BPBD, melaksanakan penjemputan korban tanah longsor, serta temukan 3 mayat korban, kemudian di evakuasi ke posko bencana menggunakan mobil of road karena mobil ambulan tidak bisa menjangkau lokasi tanah longsor tersebut.

Tim SAR gabungan, selanjutnya melaksanakan pencarian terhadap korban yang terbawa arus sungai citanduy 2 jenazah berjenis kelamin laki -laki ditemukan di sungai citanduy, selanjutnya Tim SAR melaksanakan evakuasi terhadap kedua jenazah dan jenazah dibawa ke Posco Bencana dgn menggunakan 2 unit ambulan.

Danrem 062/Tn Kolonel Inf Muhamad Muchidin, S.Sos, dalam pengarahanya menyampaikan, latihan Penanggulangan Bencana Alam ini, diharapkan Prajurit Jajaran Korem 062/Tn dan stakeholder terkait, baik Polri, Pol PP, Dishub, Dinas kesehatan, Pemadam kebakaran, BPBD, Dinas Sosial, TAGANA, ORARI dan Perwakilan Ormas memiliki kemampuan dalam melaksanakan kesiapan serta kesiagaan operasional untuk menghadapi bencana. Karena wilayah Priangan Timur terutama wilayah Kodim 0613/Ciamis meliputi Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran memiliki pegunungan dan perbukitan merupakan daerah rawan bencana seperti tanah longsor, banjir, puting beliung, tsunami dan gempa bumi.

”Saya percaya selama mengikuti latihan para peserta, telah mendapatkan ilmu dan wawasan sebagai bekal untuk membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam di wilayah. Selanjutkany, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pendukung, pembina, pelatih dan peserta sekalian. Sehingga latihan ini dapat terselenggara dengan lancar, tertib dan aman. Kepada rekan-rekan dari Pemda dan instansi terkait lainnya, saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya sehingga latihan dapat terlaksana dengan baik,”tegasnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Walikota Banjar, Kapolres Banjar, Dandim 0613/Cms, Dandim 0612/Tsk, Dandim 0624/Kab. Bandung, Danyonif Raider 301/Pks,Kepala Satpol PP kota Banjar, Kadishub Kota Banjar, Ketua Forum FRPB, Kepala BPBD Kota Banjar,Kepala Tagana kota Banjar,Kabid Pelayanan dan SDK, Dansatgas, Koordinator materi, Katimtih dan Para pelatih Gulben, serta peserta apel kesiapsiagaan Penanggulang bencana. (Ihsan)
 

Advertisement
error: Content is protected !!