Connect with us

PARIWISATA

Bukit Panyangrayan Desa Sukapura Kec. Sukaraja, Destinasi Wisata Alam Eksotis Yang Layak Dikunjungi.

Published

on

kabartasela.com, Sukaraja – Luasnya lahan yang dikelola oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Tasikmalaya dengan berbagai potensi yang ada didalamnya selain hasil hutan ada beberapa lokasi yang sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata rintisan.

Seperti yang dilaksanakan diwilayah RPH Sukaraja BKPH Singaparna yang bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sadaukir Desa Sukapura melaksanakan  pengelolaan wisata rintisan yang diberi nama Bukit Panyangrayan seluas 10,5 hektar.

Lahan rintisan wisata yang dikembangkan ini merupakan lahan yang tidak produktip dimana kondisi lahan tersebut merupakan bukit kapur tidak cocok untuk tanaman yang dikembangkan Perhutani, LMDH Sadaukir juga telah mencoba dengan melakukan penanaman pepaya california dan  tingkat keberhasilannya rendah dikarenakan lapisan tanah yang tipis sehingga butuh biaya tinggi untuk pemupukan tidak sebanding dengan harga hasil panen.

Dengan keteguhan para pengurus LMDH  yang melihat banyaknya kaum muda yang tidak memiliki pekerjaan akibat pandemi covid 19 dan panorama alamnya yang sangat indah cocok untuk digunakan selfie, camping serta menikmati keindahan dan kesejukan alam.

Berbagai fasilitas telah dibangun seperti kolam renang, WC, mushola dan berbagai macam fasilitas lainya sehingga sangat cocok sebagai tujuan wisata walaupun kondisinya masih sederhana.

Pengurus lembaga masyarakat desa hutan Sadaukir Dadang Saputra, menyatakan bahwa semoga kedepan pihaknya bisa terus mengembangkan wisata Bukit Panyangrayan yang lebih inovatif dan kreatif sehingga bisa menjadi ikon wisata di Kabupaten Tasikmalaya.

“Dengan jalan yang sudah terbentuk keberbagai spot wisata dan penyempurnaan pasilitas yang sudah ada LMDH Sadaukir berencana membangun lokasi untuk area sepeda gunung dan playing pox sehingga bisa menambah pendapatan dan lapangan kerja masyarakat,” pungkasnya.( Ihsan)

Advertisement
error: Content is protected !!