Connect with us

SABA DESA

Bekali Petugas Pencacah, Pemdes Pamijahan Gelar Pelatihan Dan Sosialisasi Pendataan SDGs.

Published

on

Kabartasela.com, Bantarkalong– Upaya  memberikan pembekalan pada puluhan petugas relawan pencacah dan pendataan berbasis SDGs, Pemdes Pamijahan, Kec. Bantarkalong, Kab. Tasikmalaya mengdakan pelatihan dan sosialisasi pendataan SDGs, Kamis ( 29/4/2021).

Selain puluhan petugas pokja pendataan, hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut Kades Pamijahn H Ipin Aripin, beserta perangkat desa lainnya, adapun narasumber pelatihan pencacah tersebut adalah  pendamping Desa Kecamatan Bantarkalong Yoan Budiman ST.

Dalam paparannya, Yoan Budiman menyampaikan, Pemutakhiran IDM 2021 juga berbasis SDGs Desa. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan  individu warga.

Dikatakannya, SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

“Guna menghsilkan data yang valid dan komplit, Kami berharap masyarakat dapat memberikan data sesuai dengan apa adanya kepada petugas pendata, agar nantinya kegiatan ini dapat berjalan dengan sedemikian adanya,”jelasnya.

Sementara Kepala Desa Pamijahan H Ipin Aripin, melalui Sekdes sekaligus  ketua Pokja Olih Solihudin menjelaskan, SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dijelaskan Olih, Demi mewujudkan data secara umum dan khusus kondisi Masyarakat Desa Pamijahan, pihaknya berharap masyarakat beserta semua pihak dapat membantu petugas pencacah atau pendata dengan memberi data dan keterangan yang sebenar-benarnya sesuai dengan panduan lembaran kuesioner yang harus diisi oleh petugas.

“Kami sampaikan selamat bekerja kepada seluruh petugas pencacah, kami juga berharap bantuan dan kerja sama semua pihak  guna suksesnya pendataan SDGs Desa Pamijahan,”harapnya. (Mz)

Advertisement
error: Content is protected !!