Connect with us

PERISTIWA

Akibat Jembatan Terputus, Warga Seberangi Sungai dengan Rakit Bambu.

Published

on

Kabar Cikatomas – Akibat terputusnya jembatan sepanjang 45 meter dan lebar 4 meter yang menghubungkan jalur lalu lintas Desa Sindangasih dan Desa Cayur Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, akibat diterjang arus deras sungai Cimedang Jumat (19/6/2020).

Walaupun tidak menyebabkan warga terisolasi, tetapi perjalanan warga menuju pusat pemerintahan Cikatomas harus mengambil jalan memutar sehingga memakan waktu karena jarak tempuh yang sangat jauh.

Setelah beberapa pihak berkoordinasi dan melihat kondisi sungai yang airnya mulai normal, mereka sepakat untuk sementara membantu akses penyebrangan secara darurat dengan menggunakan rakit bambu, Sabtu (20/06).

Sejumlah warga terpaksa menyeberangi sungai Cimedang dengan rakit bambu karena terputusnya jembatan.

“Untuk membangun jembatan darurat membutuhkan biaya besar apalagi kembali membangun jembatan permanen maka menggunakan rakit bambusebagai aksi cepat tanggap darurat bencana yang dilakukan para tokoh guna membantu masyarakat,”ujar Dikdik Ali Nurjaman tokoh masyarakat Desa cayur.

Bersama Muspika, Pemdes dan Warga Cayur terus berkordinasi dengan pihak BPBD dan Pemkab. Tasikmalaya agar secepatnya membangun jembatan darurat, dan yang terpenting dia berharap hari ini pihak BPBD bisa membantu menyediakan jaket pelampung guna menjaga keselamatan para penyebrang sungai yang menaiki rakit bambu.”(**/SN)

Advertisement
error: Content is protected !!